Wanita yang Kaya Raya karena Otomotif

Johanna Quandt bersama dua anaknya
Sumber :
  • Forbes

VIVAnews - Dunia otomotif tidak selalu indentik dengan kaum pria. Justru bidang ini mampu menjadikan Susanne Klatten sebagai wanita terkaya di dunia pada tahun 2012 versi majalah Forbes.

Susanne diketahui memiliki kekayaan bersih US$13 miliar, dan berada di posisi ke 59 sebagai orang kaya di dunia. Wanita asal Jerman yang berusia 59 tahun ini, diketahui sebagai seorang ekonom yang mewarisi saham BMW dari almarhum ayahnya, Herbert Quandt.

Susanne dikenal sebagai wanita yang tangguh dan ulet. Selain berkecimpung di bidang otomotif, Susanne juga berbisnis di bidang lain, seperti chemical manufacturer Altana (kimia), Nordex AG (pakaian), SGL and Geohumus (pertanian).

Perjalanan karirnya tidak mulus, ia pernah menjadi korban pemerasan dari mantan kekasihnya, Helg Sgarbi. Hingga akhirnya pada tahun 2009, Klatten memenangkan kasus perdata terhadap Sgarbi. Mantan kekasihnya itu dikirim ke penjara selama enam tahun untuk penipuan dan percobaan pemerasan.

Wanita lain yang juga menjadikan otomotif sebagai pundi-pundi kekayaan adalah, Johanna Quandt. Ia tidak lain adalah ibu dari Susanne Klatten. Johanna Quandt berada diperingkat 88 sebagai orang terkaya di dunia pada tahun ini, dengan kekayaan bersih US$10 miliar.

Johanna Quandt adalah mantan sekretaris dan istri ketiga dari Herbert Quandt -- eksekutif Jerman yang menyelamatkan mobil BMW dari kebangkrutan. Johanna pensiun dari dewan pengawas BMW pada tahun 1997, tetapi masih memiliki 16 persen dari US$ 64 miliar penjualan mobil BMW. (umi)

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Cara Presiden Jokowi yang bagi-bagi bansos dekat spanduk pasangan 02 Prabowo-Gibran di Serang, Banten dipersoalkan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024