Apa Saja Mobil-mobil Teririt Saat Ini (1)

Geneva Auto Show 2012
Sumber :
  • REUTERS/ Valentin Flauraud

VIVAnews - Seiring terus naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) di seluruh dunia, para produsen mobil mengambil langkah cerdas untuk menghadirkan mobil-mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit

Dilansir dari majalah Forbes, Kamis 22 Maret 2012, produsen mobil telah mengambil kebijakan ini sejak harga bahan bakar minyak melambung pada 2008. Mereka mensiasati setiap mobil mereka lebih irit 16 persen dari generasi sebelumnya.

Alhasil, beberapa ubahan dilakukan produsen mobil dengan mengganti kompartemen mesin besar menjadi lebih kecil. Namun, mesin dengan kapasitas lebih kecil disiasati dengan tambahan supercharged yang mampu menghembuskan tenaga sama baiknya dari pendahulunya.

"Lonjakan harga bahan bakar minyak pada 2008 seakan membuat sadar para produsen otomotif untuk menghadirkan kendaraan yang lebih irit bahan bakar kepada konsumen," kata salah satu analisis dari media online di Amerika, Ivan Drury.

Berikut daftar mobil-mobil yang memiliki konsumsi bahan bakar yanga irit versi Forbes:

1. Audi A3

Mobil pabrikan Jerman ini melakukan pembenahan untuk konsumsi bahan bakarnya. Dengan mesin diesel turbocharged terbaru, mobil ini meminum bahan bakar 12,3 km/liter.

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

2. Chevrolet Equinox


Sadar akan konsumsi bahan bakarnya yang boros, Chevy Equinox menggantu mesin V6 menjadi mesin berkapasitas 2.0-liter, 4 silinder segaris dengan transmisi 6-percepatan terbaru yang lebih efisien. Konsumsi bahan bakar Equinox menjadi 8,1 km/liter.

3. KIA Sorento

KIA melakukan ubahan pada Sport Utility Vehicle (SUV) menengahnya, KIA Sorento. Mobil ini berganti mesin menjadi 2.4-liter, 4 silinder untuk varian standarnya, dan mesin V6 sebagai mesin pilihan lainnya. Sorento lebih irit 30 persen atau 2,12 km/liter dari pendahulunya yang kini menjadi 9,35 km/liter.

4. Dodge Challenger

'Muscle car' ini menggunakan mesin V6 baru dengan tenaga 305 hp. Konsumsi bahan bakarnya pun melonjak lebih irit dari 6,38 km/liter menjadi 8,1 km/liter.

Bopeng Parah Bekas Jerawat Ternyata Bisa Disiasati Buat Dihilangkan, Begini Caranya

5. Mercedes-Benz SLK

Sportcar convertible ini menggunakan mesin 4-silinder baru bertenaga 201 hp. Mercedes-Benz SLK memiliki dua varian mesin, yakni mesin V6 3.5-liter dan V8 berkapasitas 5.5-liter yang lebih irit bahan bakar. Itu berkat teknologi direct fuel injection, sehingga konsumsi bahan bakar membaik dari 7,6 km/liter menjadi 9,8 km/liter. Bersambung.... (eh)

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"
Han So Hee.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Han So Hee lagi-lagi menjadi sorotan pengguna media sosial. Kali ini, Han So Hee disebut menyerang Hyeri melalui unggahannya pada Jumat pagi 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024