Aman Berkendara di Musim Hujan

V-Kool
Sumber :

VIVAnews - Menghadapi musim penghujan, kendaraan perlu dipersiapkan agar dapat bekerja maksimal. Mobil produksi massal telah dipersiapkan untuk siap menghadapi kondisi cuaca yang beragam, termasuk hujan lebat sekalipun. Meskipun demikian, perilaku pengemudi juga perlu dipersiapkan.

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Permukaan jalan yang yang licin dan genangan air harus disikapi dengan tepat, sehingga tidak membuat mobil kehilangan kendali.

Dengan cuaca hujan lebat, akan membuat jarak pandang berkurang. Pengemudi perlu menambah jarak aman berkendara. Jadi, pengemudi masih memiliki cukup ruang untuk melakukan penurunan kecepatan secara mendadak sekalipun.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Kecepatan kendaraan pun perlu dikurangi, berkaitan dengan jarak pandang yang terbatas. Hal ini berkaitan dengan performa ban. Bila ban dalam kondisi baik, dengan berkendara di kecepatan rendah maka resiko timbulnya gejala aquaplaning akan minim terjadi.

Lain halnya jika ketebalan ban sudah tipis, maka menyetirlah dengan sehalus mungkin tanpa gerakan mendadak. Aquaplaning adalah gejala mengambangnya ban ketika melewati genangan air yang membuat ban kehilangan daya cengkeramnya.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Hindari menekan pedal rem atau pedal gas secara spontan. Ikuti arah kemudi sesuai pergerakan mobil hingga ban kembali mencengkeram jalan kemudian kurangi kecepatan secara bertahap untuk menghindari kembali terjadinya aquaplaning.

Bila Anda ingin memakai kaca film, pilihlah kaca film yang mempunyai kejernihan sempurna, terlebih untuk kaca depan. Jangan sampai pemasangan kaca film mengganggu daya pandang pengemudi.

Spesifikasi kaca film yang dianjurkan untuk kaca depan adalah 20 – 40 persen. Kaca film V-KOOL, dibuat dari polyester dengan grade yang paling tinggi sehingga menghasilkan kaca film terbaik. Hanya 1 persen bagian dari semua polyester yang diproduksi setiap hari di dunia dapat memenuhi spesifikasi V-KOOL.

Mesin Sputering seharga US$18 juta digunakan untuk pelapisan film melalui pembombardiran partikel-partikel logam pada polyester secara berlapis-lapis.

Perlengkapan ini sama dengan alat yang digunakan untuk memproduksi pelindung (kulit) pada pesawat pembom Stealth Bomber agar terhindar dari radar. Dengan demikian, Anda mendapatkan kaca film V-KOOL®, dengan teknologi masa depan terbaik yang ditawarkan.

Meskipun berpenampilan bening, kaca film V-KOOL mempunyai daya tolak panas yang maksimal. Ini bisa dilihat dari satuan Total Solar Energy Rejected (TSER) yang tinggi.

Uji coba yang dilakukan pada bulan Juli 2000 oleh Southwall Technologies Inc., Visteon Corporation dan US Departement of Energy’s National Renewable Energy Laboratory, menunjukkan bahwa pemakaian kaca film V-KOOL meningkatkan level kenyamanan lebih cepat 20-25 persen dibanding lapisan kaca film lain.

Jika kendaraan Anda dilengkapi rem ABS, jangan ragu-ragu untuk menggunakannya. Teknologi ABS tidak perlu repot mengatur injakan pedal rem untuk menjaga agar ban tetap memiliki traksi optimal.

Untuk membuat ABS bekerja optimal, Anda justru harus menginjak pedal rem sekeras-kerasnya. Dan selanjutnya biarkan komputer bekerja mengatur kerja rem untuk memperoleh deselerasi maksimal ketika di butuhkan. (WEBTORIAL)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya