Mobil Jepang Nama Indonesia Siap Dipasarkan

Suzuki Ertiga
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Mobil Multi Porpose Vehicle (MPV) terbaru Suzuki, Ertiga, siap diluncurkan di pasar tanah air pada bulan ini tepatnya tanggal 22 April 2012. MobilĀ  buatan Jepang yang mengadopsi nama dari Indonesia, digadang-gadang akan menjadi pesaing terkuat Avanza dan Xenia.

Suzuki Ertiga ditawarkan dengan tiga pilihan varian, yakni tipe GA, GL, dan GX. Adapun untuk harga Ertiga GA Rp144 juta, Ertiga GL Rp156 juta, dan Ertiga GX Rp165 juta.

Head of 4W Marketing General Manager SIS, Edi Darmawan, mengatakan saat ini sudah ada 2.000 unit Ertiga yang dipesan. Adapun peminat paling banyak berasal dari Jabodetabek.

Nama Ertiga memang diadopsi dari bahasa Indonesia. Dahulu ketika masih dalam bentuk konsep, mobil jenis Multi Porpose Vehicle (MOV) dinamakan dengan nama RIII yang bila disebut dalam bahasa Indonesia akan berbunyi Ertiga.

Menurut Suzuki Motor Corporation (SMC) Jepang, nama Ertiga dinilai cocok untuk mewakili karakter mobil tersebut. Er (huruf R) berarti Row (baris), tiga angka 3, kalau diartikan mobil dengan 3 baris tempat duduk. Ini sesuai dengan tagline Suzuki untuk menghadirkan mobil dengan 3 baris tempat duduk yang lapang.

Dari tiga pilihan tipe yang ditawarkan, Ertiga tipe GX adalah versi paling lengkap. Sedangkan tipe GL untuk menengah, dan tipe GA untuk yang versi standar. Untuk kelengkapan keamanan, Ertiga sudah dilengkapi dengan Dual Airbag plus ABS (Tipe GX), Immobilizer (Tipe GX & GL), serta perlengkapam Tilt Steering.

Mobil ini disokong dengan mesin bensin 1,4 liter dengan tenaga 94 hp pada putaran mesin 6.000rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Konsumsi bahan bakar diklaim 1 liter menembus 16 km.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten
Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024