Mobil Mewah Minum Premium, Seberapa Bahaya

Ilustrasi mobil alphard.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) memiliki peranan penting untuk performa kendaraan yang digunakan, terutama untuk mobil-mobil mewah sekelas Toyota Camry, Alphard, dan Harrier.

Tidak hanya performa, bahaya lain yang cukup mengancam jika tetap ngotot untuk menggunakan BBM tidak sesuai standar pabrikan adalah rontoknya mesin.

"Biasanya baru akan terlihat dalam jangka panjang. Mulai dari tenaga kurang, terbentuknya kerak di ruang bakar, hingga kerusakan di bagian katup," kata Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suanda, saat berbincang dengan VIVAnews.com, Rabu, 4 April 2012.

Menurutnya apabila penggunaan kadar oktan yang tidak sesuai dilakukan terus-menerus maka dapat menyebabkan piston menjadi bolong karena mesin selalu menghadapi masalah knocking setiap kali mesin mobil bekerja. Terutama saat mobil dipaksa berakselerasi untuk mendahului kendaraan lain.

"Jika terus dipaksakan ada beberapa part yang harus diganti seperti gasket cylinder head dan seal katup," kata Parman. (hp). 

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap
Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024