10 Jurus Menjaga Kesejukan Suhu Kabin Mobil

Toyota Prius
Sumber :

VIVAnews - Musim panas dapat membuat suhu di dalam kabin mobil dan orang di dalamnya tidak betah berlama-lama untuk berkemudi. Ditambah lagi efek rumah kaca yang membuat suhu di udara kian panas.

Dilansir Automotto, Kamis 12 April 2012, bila semakin panas sebuah kabin, maka temperatur AC mobil pun akan ditingkatkan. Dampak kelebihan panas ini akan memiliki efek pada mesin, terlebih jika tidak terawat dengan baik.

Untuk menjaga kenyamanan perjalanan di saat musim panas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pengalaman berkendara Anda tetap menyenangkan.

Berikut tips agar suhu kabin mobil tetap sejuk:

1. Parkir di tempat yang teduh

Cara ini dipastikan membuat mobil terhindar dari bahaya radiasi panas dan serangan sinar ultraviolet. Hindari parkir yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini juga dapat mengurangi penggunaan putaran AC yang tinggi saat mobil baru dihidupkan.

2. Buka sedikit kaca

Ini membantu menjaga aliran udara di dalam mobil tanpa harus membuka lebar-lebar ketika hendak masuk ke mobil yang baru saja terjemur. Membuka sedikit kaca berarti tidak menyimpan panas di dalam kabin.

3. Penggunaan kaca film

Kaca film dapat mengatur intensitas panas dan sinar ultraviolet dari interior mobil Anda. Pilih merek yang baik yang memberikan perlindungan dari panas matahari. Dan perhatikan tingkat kegelapan kaca film.

4. Hidupkan AC secara maksimal

Cara ini digunakan bila pengemudi tidak parkir di tempat yang teduh. Sambil menghidupkan AC, buka juga kaca mobil untuk mengganti udara panas ke udara yang lebih sejuk.

5. Lindungi kaca Anda

Membeli pelindung untuk kaca depan dapat meminimalisir panas berlebih yang masuk ke dalam dashboard dan kursi depan. Nuansa kabin yang gelap, juga dapat menyerap panas lebih banyak. Gunakan kain berwarna terang untuk melindungi dashboard dan lingkar kemudi.

6. Kertas Electrostatic

Kertas ini adalah lembaran tipis yang menempel pada kaca dan mengusir panas matahari dan radiasi ultraviolet tanpa mengganggu visibilitas pada kaca. Kertas electrostatic tidak menutup jendela namun membuat perbedaan cara pandang.

7. Kertas gulung pelindung kaca depan

Kertas gulung atau kertas lipat biasanya digunakan untuk menghalau panas dari bagian depan. Alat ini efektif mengurangi panas yang masuk ke dalam kabin saat parkir berhadapan langsung dengan matahari.

8. Gunakan jok kulit berkualitas

Sarung atau jok kulit dengan kualitas rendah tidak mampu menyerap panas matahari dengan cepat. Sementar jok dengan bahan sintetik akan menyerap lebih banyak panas sehingga kabin tetap sejuk.

9. Jangan meninggalkan barang di dalam mobil

Panas dari matahari akan mempengaruhi rasa bahan makanan serta keselamatan barang-barang elektronik lain. Pastikan untuk tidak membiarkan Compact Disc (CD) dan mainan di dalam mobil dengan jangka waktu parkir yang lama.

10. Periksa cairan pendingin

Bila mobil terkena panas langsung, maka mesin pun akan semakin cepat panas. Tambahkan cairan pendingin bila level pada coolant menunjukkan kurangnya cairan pendingin.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024