BeAT & Vario Bawa Honda Tinggalkan Yamaha

Para pekerja merakit sepeda motor di suatu pabrik di Cikarang, Jawa Barat.
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Astra Honda Motor (AHM) berhasil mengakhiri kuartal pertama tahun ini dengan mendominasi pasar sepeda motor di Indonesia. Produsen berlambang sayap itu merebut pangsa pasar 55 persen dengan menjual 1.063.695 unit sepeda motor.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang Januari-Maret tahun ini, AHM berhasil mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 7,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 989.862 unit.

Pertumbuhan penjualan Honda ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pasar nasional yang justru menurun. Pada kuartal I tahun ini, total penjualan sepeda motor nasional tercatat 1.931.677 unit atau turun 2,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, 1.985.800 unit.

Dalam keterangan persnya, Jumat 13 April 2012, Deputy General Manager Sales Division, AHM Thomas Wijaya, mengungkapkan pertumbuhan penjualan Honda yang positif pada kuartal pertama ini semakin memperlebar selisih dengan pesaing terdekat dengan selisih pangsa pasar 18 persen.

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Seperti diketahui, Yamaha hanya mampu menjual 247.103 motor di bulan Maret lalu dengan total 712.288 motor selama 2012.

Skutik Honda BeAT dan Honda Vario series menjadi penyumbang terbesar pencapaian ini. Selama kuartal I tahun ini, Honda BeAT telah terjual sebanyak 314.263 unit atau tumbuh sebesar 32 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya 237.631 unit.

Bukan Minta Dinafkahi, Lolly Tegaskan Maksudnya Ingin Bertemu Nikita Mirzani

Honda Vario series tercatat telah terjual 232.059 unit. Kesuksesan Honda Vario series turut ditunjang penerimaan yang besar dari konsumen Indonesia terhadap produk terbaru Honda Vario Techno 125 PGM-FI.

Secara keseluruhan, skutik Honda pada periode ini telah terjual 649.794 unit ini dengan tambahan penjualan 46.800 unit Honda Scoopy, 55.757 unit Honda Spacy series, dan 915 unit Honda PCX. Pada segmen ini, predikat Honda sebagai Raja Motor Skutik semakin kokoh setelah meraih 61,6 persen pangsa pasar.

Di segmen bebek, dominasi penjualan Honda juga tak tergoyahkan. Pada tiga bulan pertama tahun ini tercatat telah terjual 366.829 unit motor bebek Honda. Pencapaian ini memperkuat posisi Honda sebagai Raja Motor Bebek dengan 57,3 persen pangsa pasar.

Penjualan Honda di segmen bebek dikontribusikan oleh Honda Revo series sebesar 127.374 unit, Honda Supra X125 series sebesar 176.155 unit, dan Honda New Blade sebesar 63.300 unit.

Di segmen sport, penjualan AHM disumbang oleh Honda MegaPro series sebesar 34.229 unit, Honda Tiger series sebesar 6.409 unit, Honda CBR series sebesar 4.446 unit, dan Honda CS1 sebesar 1.988 unit.

Sepanjang kuartal pertama tahun ini, AHM telah meluncurkan beragam produk dan varian terbaru di semua segmen melalui kehadiran Honda Vario Techno 125 PGM-FI dan varian terbaru dari Honda BeAT, Honda Scoopy, Honda CBR150R edisi Repsol, dan Honda Revo series.

"Kami terus berupaya meningkatkan kepuasan konsumen melalui produk - produk berkualitas, berteknologi canggih, irit bahan bakar, ramah lingkungan dan resale value tinggi serta pelayanan yang semakin mudah," kata Thomas.

Ilustrasi etnis Uighur kerja di pabrik.

Ritel Fashion China Hadapi Ancaman Boikot di Tengah Tuduhan Eksploitasi Warga Uighur

Organisasi Save Uyghur, yang didukung organisasi HAM 'Justice for All' yang berbasis di Chicago, telah memulai kampanye boikot terhadap toko pakaian online China, Shein.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024