VIDEO: Aksi Mobil Listrik Ngebut di Atas Es

Mobil E-RA buatan Finlandia
Sumber :
  • Dailymail

VIVAnews - Mobil Hybrid yang dikembangkan para pelajar di Finlandia mampu melesat hingga kecepatan 260 km/jam, tanpa tergelincir di sebuah lintasan danau yang membeku.

Dilansir harian Daily Mail, Senin 16 April 2012, mobil yang memiliki nama E-RA telah dikembangkan dengan sistem teknologi batterai terbaru dan Technology Power Trains.

Untuk membuktikan ketangguhan mobil ini, para tim yang terlibat melakukan uji coba di danau Ukonjarvi yang telah membeku menjadi es, kota Inari, Finlandia.

Dengan suhu minus empat derajat celcius, mobil yang dikendarai oleh Janne Laitinen tersebut melaju hingga mencapai kecepatan 260 km/jam. Adapun kecepatan rata-ratanya 252 km/jam.

Hebatnya lagi, walaupun melaju dengan kecepatan tinggi di atas es mobil tersebut tak mengalami slip ban. Itu tidak terlepas dari penggunaan ban Nokian Hakkapeliita 7 (225/40R18) yang juga dibuat oleh pelajar Finlandia.

Uji coba ini telah membuktikan bahwa mobil listrik juga dapat berfungsi dalam cuaca dingin, dan bisa dipacu pada kecepatan tinggi di tempat yang licin. Lihat video di sini.

Nama E-RA merupakan singkatan dari Electric Race About. Mobil ini mampu menempuh jarak lebih dari 300 kilometer jauhnya untuk setiap kali isi ulang batterai. Untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, mobil ini dapat melakukannya dalam waktu kurang dari lima detik.

Laporan: Wahyu Prasetyo

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia
Jose Mourinho saat masih menangani Manchester United

Pemain MU yang Tak Diinginkan Jose Mourinho Masih Ada Sampai Sekarang

Jose Mourinho mengecam beberapa pemain senior yang ada dalam skuad Manchester United saat ini. Dia mengaku beberapa pemain yang ada sekarang pernah tak diinginkan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024