Beralih ke Mobil Diesel, Untung atau Buntung?

Pajero
Sumber :
  • VIVAnews/Marco Tampubolon

VIVAnews - Seiring meningkatnya harga bahan bakar minyak dunia, beberapa negara telah mempromosikan untuk beralih menggunakan bahan bakar alternatif sepeti solar kepada masyarakat.

Di Inggris misalnya, setengah dari seluruh penjualan mobil baru pada tahun 2011 lalu disumbang oleh mobil-mobil bermesin diesel.

Dilansir Glass.co.uk, Jumat 20 April 2012, kenaikan harga BBM telah memiliki dampak signifikan untuk kemajuan teknologi mesin diesel. Secara tidak langsung, mobil diesel juga mulai ramai peminat.

Bahkan, di Inggris mobil diesel baru ataupun bekas memiliki harga yang kuat dan stabil, dibandingkan mobil bensin. Selisih harga mobil diesel baru dengan bensin bisa mencapai 1.300 pound sterling atau sekitar Rp19 juta.

Meningkatnya kebutuhan itu juga membuat selisih mobil diesel bekas dan mobil bensin bekas mencapai 2.000 pound sterling atau sekitar Rp29 juta. Keberadaan mobil diesel di beberapa negara cukup mengalami lonjakan, tak Indonesia. Baca juga mobil diesel ramai diburu.

Faktor harga BBM yang kemungkinan akan naik dalam waktu dekat menjadi satu alasannya. Keuntungan lain yang dimiliki mobil diesel yakni kuat untuk diajak berkendara karena memiliki torsi lebih besar daripada mobil bensin.

Sebab, jika di rata-rata setiap orang menggunakan mobil pribadi dengan jarak tempuh 10.000 mil setiap tahunnya. Dengan keuntungan yang didapat ketika menggunakan mobil diesel, tentunya Anda bisa menghemat pengeluaran lebih baik ketimbang mobil bensin. (adi)

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Laporan: Wahyu Prasetyo

VP Public Relations KAI Joni Martinus

KAI Buka Suara soal Syarat Loker IPK 3,5 hingga Skor TOEFL 500

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau PT KAI bekerja sama dengan PT Dayalima Recruitment, saat ini tengah membuka rekrutmen untuk program Management Trainee Tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024