Kapan Mobil Murah Hadir di Indonesia

Daihatsu menyatakan siap memproduksi mobil low cost dan green car di pabriknya, Karawang,

Rabu, 25 April 2012, 06:15 Sandy Adam Mahaputra
A-Concept, mobil murah konsep milik Daihatsu
A-Concept, mobil murah konsep milik Daihatsu (VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra)

VIVAnews - Implementasi program mobil murah dan ramah lingkungan atau dikenal Low Cost and Green Car (LCGC) di Tanah Air diharapkan bisa mulai berjalan pada awal tahun 2013.

"Rencananya tahun ini seluruh regulasi tentang program LGCC akan selesai. Artinya awal 2013 sudah bisa berjalan," kata Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa malam 24 April 2012.

Saat ini, kata Budi, pemerintah masih memperdalam ketentuan legalistik formal terkait dengan insentif perpajakan, terutama soal penetapan cukai otomotif sebagai pengganti diskon pajak penjualan barang mewah (PPnBM).

Menurutnya, pemerintah nantinya akan mengumumkan insentif yang diberikan untuk agen tunggal pemegang merek (ATPM) apabila seluruh regulasi ini telah tuntas dan diterbitkan menjadi peraturan resmi.

"Mobil ini nantinya harus menggunakan 80 persen komponen lokal. Tidak hanya murah, produk LCGC juga diharuskan hemat BMM. Untuk mobil 1.200 cc konsumsi bahan bakarnya harus 20 km/liter 1.200, sedangkan untuk 1.000 cc konsumsinya 22 km/liter," kata dia.

Budi menambahkan apabila regulasinya sudah keluar, maka banyak prinsipal yang akan terlibat dalam program tersebut.

"Sejauh ini prinsipal Jepang yang paling siap adalah Daihatsu. Produsen mobil lainnya seperti Nissan, Suzuki, dan Toyota juga telah berminat mengikuti program ini," kata Budi.

Sebelumnya, PT Astra Daihatsu Motor membenamkan investasi Rp2,1 triliun untuk pembangunan pabrik di Karawang, Jawa Barat. Pabrik itu nantinya akan memproduksi mobil LCGC.

Daihatsu bahkan telah menyiapkan dua model low cost car, yakni Daihatsu A-concept, dan Daihatsu F-concept. A-Concept pernah ditampilkan di ajang Indonesia Internasional Motor Show 2011. Lihat spesifikasi detailnya di sini.

Produsen lain yang juga telah menyiapkan low cost car adalah Nissan dan Toyota. Nissan akan menghidupkan kembali produk Datsun di tanah air pada 2014 mendatang. Mobil murah Datsun akan dijual dengan kisaran harga US$6.200 atau sekitar Rp60 juta.

Toyota sendiri telah siap memboyong mobil murah miliknya, Etios. Seperti diketahui, Toyota Etios Liva (hatchback) telah dipasarkan di India, dengan harga mulai Rp76 juta hingga Rp115 juta.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
briza.dorothea
26/04/2012
wah di tunggu ya...
Balas   • Laporkan
yengkiyan8130
25/04/2012
Tahun 2014 mungkin
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id