FOTO: Koleksi Mobil Sultan Brunei Rp2,8 T

Rolls-Royce langka milik Sultan Brunei
Sumber :
  • Carbuzz

VIVAnews - Sultan Hassanal Bolkiah menjadi salah satu penggila mobil mewah nan langka di dunia. Mulai dari supercar edisi terbatas, mobil super langka, hingga berlapis emas menghiasi jajaran koleksi Sultan Brunei.

Dilansir Carbuzz, Senin 21 Mei 2012, koleksi mobil yang ditaksir memiliki total harga US$300 juta atau sekitar Rp2,8 triliun itu bahkan dapat mengisi penuh lima garasi berukuran hangar pesawat.

Koleksi pertama Sultan Brunei yang cukup membuat decak kagum adalah Rolls Royce lapis emas 24 karat yang digunakan saat pesta pernikahan. Mobil layaknya perhiasan berjalan ini telah mengalami perubahan modifikasi sehingga terlihat seperti kereta kencana Sang Raja.

Tidak berhenti sampai di situ, pemilik kerajaan yang luasanya cuma "secuil" di pinggir Pulau Kalimantan juga memiliki Rolls Royce paling mahal seantero dunia. Mobil buatan Inggris itu yang dibeli dengan harga US$14 juta atau sekitar Rp131 miliar.

Nilai itu tidak terlalu bagi orang nomor satu negera kaya minyak dengan penduduk 330 ribu. Setiap koleksi juga disesuaikan dengan kebutuhan Sultan.

Selesaikan Persoalan Papua, Jusuf Kalla Beri Saran Begini ke Prabowo-Gibran

Jika bosan dengan mobil klasik dan membutuhkan tunggangan dengan kecepatan tinggi, ia tentunya akan menggunakan Mercedes-Benz CLK GTR.
Mobil sport yang awalnya diracang untuk berlomba di FIA GT Championship tersebut, satu-satunya yang memiliki setir kanan.  Mobil buatan Jerman ini dibekali mesin 6.9 liter V12 yang mampu menyemburkan tenaga 612 hp.

Belum lagi 300 model Ferrari legendaris yang berada di garasinya. Ambisinya mendapatkan mobil edisi terbatas memang tidak pernah surut, salah satunya F1 Mclaren  edisi GT dan LM. Padahal LM hanya dibuat 5 unit di dunia, dimana 3 unit dimiliki oleh Sultan.

Menurut catatan harian Inggris The Daily Mirror, Sultan Brunei memiliki 604 Rolls Royce, 574 Mercedes, 452 Ferrari, 382 Bentleys, 209 BMW, 179 Jaguar, 134 Koenigseggs, 21 Lamborghini, 11 Aston Martins, dan 1 SSC.

Jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan pada 2007. Saat itu, Daily Mirror juga menurunkan berita bahwa dia memiiliki 531 Mercedes, 367 Ferrari, 362 Bentley, 185 BMWs, 177 Jaguar, 160 Porsche, 130 Rolls-Royce, dan 20 Lamborghini.

Berikut foto koleksi mobil Sultan Brunei yang diambil dari Carbuzz:

Neraca Perdagangan RI Surplus 47 Bulan Berturut-turut, Mendag: Bagian dari Keberhasilan Kemendag

Hasil Liga 1: Bhayangkara FC Pesta Gol, Duel Dewa United vs Madura United Dihentikan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya