OTOMOTIF

Selaris Apa Suzuki Ertiga?

Saat ini konsumen harus inden 2-3 bulan, khusus tipe GX, inden hingga Oktober.
Selasa, 22 Mei 2012
Oleh : Hadi Suprapto, Sandy Adam Mahaputra
Saat ini konsumen harus inden Suzuki Ertiga 2-3 bulan, khusus tipe GX, indem hingga Oktober.

VIVAnews - Suzuki Ertiga cukup sukses merebut pasar mobil Multi-purpose Vehicle nasional. Belum genap satu bulan diluncurkan, mobil tujuh penumpang itu sudah ramai peminat. Hingga saat ini pemesan Ertiga sudah mencapai 12 ribu.

Banjir peminiat membuat PT Suzuki Sales Mobil sedikit kualahan. Perusahaan bahkan baru mampu menyuplai 4.000-5.000 unit mobil yang diplot untuk menggusur dominasi Avanza-Xenia. "Sudah 12 ribu konsumen yang inden dengan booking fee Rp5 juta," kata Direktur Sales dan Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Endro Nugroho di Jakarta, Selasa 22 Mei 2012.

Membludaknya pesanan Ertiga di luar ekspektasi, mengingat target penjualan Ertiga hanya 5.000 unit per bulan. "Produksi terus kami genjot guna memenuhi permintaan. Saat ini konsumen harus inden 2-3 bulan.  Bahkan untuk tipe Ertiga GX ada yang inden sampai Oktober, salah satunya Makassar," kata Endro.

Menurutnya, penjualan Ertiga didominasi oleh varian tertinggi, GX, sebesar 55 persen, kemudian Ertiga GL 40 persen, dan disusul Ertiga GA 5 persen. "Dari pembelian, komposisinya 70 persen kredit dan 30 persen tunai," kata dia.

Ertiga merupakan pengembangan dari platform Suzuki Swift generasi kedua yang mengisi kelas hatchback. Ertiga hadir dengan tambahan kursi ketiga dan dapat menampung 7 penumpang.

Mobil ini memiliki dimensi 4.265 x 1.695 x 2.740 mm (PxLxT) dengan desain bodi yang memiliki sudut rear roof yang lebih menurun sehingga meningkatkan aerodinamika mobil, serta desain headlamp lebih keluar sehingga menambah kesan luas.

Di bagian kabin, Ertiga menggunakan desain dashboard bertingkat dan pengaturan kursi dengan fleksibilitas yang lega. Ertiga dipersenjatai mesin 1.4-liter 4-silinder segaris, Variable Valve Timing (VVT), bertenaga 95 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm.

Ertiga dilengkapi fitur keselamatan dual airbags pada salah satu variannya, salah satu fitur yang tidak dimiliki Toyota Avanza. Fitur pengereman didukung dengan Antilock Braking System (ABS) dan Electric Brakeforce Distribution (EBD).

Suzuki Ertiga hadir dalam 8 warna, Serene Blue Metallic, Silky Silver Metallic, Cool Black Metallic, Burgundy Red Pearl, Pearl White, Graphite Grey Metallic, Dusky Brown Metallic, dan Radiant Red Pearl.

Harga untuk Suzuki Ertiga dimulai dari Rp143 juta hingga Rp165 juta on the road Jakarta. Dari sejumlah keunggulan yang dimiliki, Ertiga memiliki beberapa kekurangan seperti tidak memiliki pilihan tipe transmisi otomatis dan AC double blower.(adi)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found