Penantian Sang Legendaris Toyota 86

Toyota 86
Sumber :
  • Toyota

VIVAnews - Menjadi salah satu pemilik line up produk yang cukup lengkap di seluruh dunia, tak membuat Toyota terlena dan berpuas hati. Mereka mencoba menggebrak pasar Indonesia dengan mobil sport baru andalannya, Toyota 86.

Sejarah panjang Toyota dengan berbagai jenis sportscar, dijadikan landasan pengembangan dari Toyota 86.  Sebagai semangat diambillah Toyota AE-86, kendaraan yang diproduksi oleh Toyota medio 1983 - 1987 dikenal sebagai legenda sportscar Toyota.

Adapun untuk powertrain, arsitekturnya diadopsi dari Toyota Sport 800 atau sering disebut Yotahachi yang memiliki layout FR (Front Engine Rear Wheel Drive) menggunakan engine mendatar (flat) dan terkenal irit bahan bakar minyak.

Sedangkan desainnya diambil dari Toyota 2000 GT yang pada tahun lahirnya di 1967 sempat tampil di film James Bond “You Only Live Twice.”

Nama Toyota 86 (Hachiroku) sendiri diambil dari Toyota AE 86 yang melegenda, hingga saat ini masih terus digunakan di berbagai arena balap.

Toyota 86 yang mengedepankan unsur fun to drive dibalut dengan konsep Excellent, Sensual & Beauty. Mobil ini dikemas dengan performa ciamik, tampilan sportif serta mudah dikemudikan bagi pemula atau para profesional sekalipun.

"Toyota 86 ini merupakan bagian dari upaya Toyota untuk terus menyajikan beyond expectation kepada para pelanggan, khususnya bagi para pecinta mobil sport,” kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, saat peluncuran Toyota 86 di Jakarta, Jumat 1 Juni 2012.

Toyota 86 didukung dengan penggunaan mesin depan yang mendatar (flat boxer engine) berkapasitas 2.000 cc dengan type 4U-GSE,  teknologi Toyota D-4S (Direct Injection 4-stroke Gasoline Superior), yang dapat menyemburkan tenaga hingga 200 PS pada 7000 rpm.

Menggunakan penggerak roda belakang ditambah posisi Center of Gravity (CoG) yang sangat rendah (460 mm), 86 juga dipersenjatai transmisi 6 percepatan manual dan 6 percepatan otomatis dengan paddle shift.

Dari segi eksterior, Toyota 86 terinspirasi oleh Toyota 2000GT dengan kap dan garis atap yang sangat ramping dan rendah. Kemasan lower driving positions dibuat dengan desain aerodinamis. Adapun lekukan pada kap mesin dan head lamp yang tajam menambah kuat kesan.

Bagian belakang Hachiroku dilengkapi dengan double muffler serta desain lampu belakang menggunakan LED  sehingga memberikan kesan sensual dan maskulin.

Konfigurasi tempat duduk 2 + 2 dirancang dengan bentuk dan fungsi yang baik. Kursi depan terpasang dengan posisi dan jarak yang cukup rendah.

Bagian kokpit dilengkapi pula dengan small steering yang memberikan excellent turning performance. Bagian interior Hachiroku ditawarkan dalam dua pilihan warna, yaitu hitam serta kombinasi hitam dan merah.

86 ditawarkan dengan pilihan model beragam, yaitu model standar dengan 2 pilihan transmisi A/T dan M/T, model Aero dengan transmisi A/T dilengkapi dengan front bumper spoiler, side skirt, rear bumper spoiler serta rear spoiler, dan TRD A/T yang dibekali dengan paket aerokyt dari TRD Sportivo.

Toyota 86 tampil dengan tujuh pilihan warna yaitu, Satin White Pearl, Dark Grey, Crystal Black Silica, Sterling Silver, Lightning Red, Galaxy Blue Silica dan Orange.

Berikut harga detail Toyota 86 OTR Jakarta:

-FT 86 Manual Interior Color Rp600 juta
-FT 86 Automatic Interior Color Rp610 juta
-FT 86 Automatic Aeropackage Interior Color Rp623 juta
-FT 86 Automatic TRD Aeropackage Interior Color Rp636 juta

Bea Cukai Lakukan Uji Coba Modul Vehicle Declaration dalam Sistem CEISA 4.0
Prabowo dan Megawati

Pasca Putusan MK, Pengamat Nilai Relasi Ini yang Bisa Membuat PDIP Gabung ke Prabowo

Salah satu keputusan politik yang ditunggu publik pasca putusan MK adalah sikap politik PDIP. Apakah akan menjadi oposisi pemerintahan Prabowo-Gibran, atau ikut bergabung

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024