Motor Hilang, Kang JJ Dapat Penggantinya

Jeffrey Polnaja menjelajahi dunia dengan sepeda motor
Sumber :
  • Dokumentasi Jeffrey

VIVAnews - Penjelajah dunia bermotor seorang diri asal Indonesia, Jeffrey Ronny Polnaja, akan memulai ulang perjalanan keliling dunia keduanya dari Paris, Prancis 25 Juni mendatang. Seperti diketahui, niatan Kang JJ, sapaan akrab Jeffrey sempat tertunda setelah sepeda motornya hilang dicuri.

Kang JJ sebenarnya sudah melakukan penjelajahan seorang diri dengan sepeda motor BMW R1150GS sejak Mei lalu dari Belgia. Namun, karena tunggangannya hilang dicuri di Amsterdam, Belanda, 4 Mei lalu yang memaksa penjelajahan bermisi perdamaian dunia ini harus tertunda.

"Sudah saya katakan bahwa misi Ride for Peace tak akan berhenti. Tekad saya sudah bulat, walau kehilangan motor perjalanan Ride for Peace akan tetap berlanjut, seperti moto Wind Rider: The Road May End, But Not The Spirit of Brotherhood and Peace," kata Jeffrey dalam keterangan tertulis, Kamis 7 Juni 2012.

Perjalanan Jeffrey, pada 25 Juni mendatang rencananya akan dilepas secara resmi oleh Duta Besar untuk Prancis, Rezlan Ishar Jenie. Sebelumnya, Sabtu, 23 Juni 2012, Jeffrey akan diterima presiden Komunitas Motor Perancis, Moto Clubs des Potes, yang diketuai M. Bruno Pasqualaggi.
 
Mengingat banyak dokumen perjalanan dan surat-surat sepeda motor yang perlu diperbarui, sejak 5 Juni lalu, Jeffrey pun telah berada di Jakarta. Kepulangannya ke Jakarta bertujuan guna penandatanganan dokumen-dokumen perjalanan baru.
 
"Saya harus kembali ke Jakarta karena semua dokumen perjalanan keliling dunia yang saya butuhkan perlu diperbarui dan harus saya tandatangani sendiri. Karena jadwal perjalanan terganggu, maka banyak dokumen yang akan habis masa berlakunya," kata Jeffrey.
 
Pada perjalanan kedua ini Jeffrey akan menggunakan sepeda motor pengganti dari model dan tahun pembuatan yang sama, BMW R1150GS.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Sepeda motor akan ditangani tim teknis dari Lievens Mechanic guna peningkatan spesifikasi yang sesuai standar penjelajahan dunia di lintasan ekstrim. Termasuk di antaranya memasang sistem pengaman agar sepeda motor tak lagi mudah dicuri.
 
Uniknya, bila sepeda motor yang hilang menggunakan nomor polisi "D 1150 JJ" maka sepeda motor pengganti akan bernomor "B 1150 JJ". "Nomor baru ini memberi semangat kepada saya," ujarnya.

Sementara itu, sepeda motor yang telah hilang sejauh ini masih menjadi pekerjaan rumah kepolisian Belanda. Rencananya, Jeffrey akan berkelana sejauh 220.000 kilometer melintasi beberapa negara di Eropa, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Australia. Penjelajahan kedua ini tak kalah menantang dari misi pertama, di mana dia melintasi negara-negara di Asia, Afrika dan Timur Tengah.
 
Tak kurang dari 30 negara akan disinggahi, mulai dari Perancis, Belgia, Belanda, Jerman, Skandinavia, Polandia, Rusia, Korea Selatan, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Meksiko, Kuba, Kolombia, Nikaragua, Bolivia, Brasil, Argentina, Peru, Selandia Baru, Australia, dan Timor Leste. Jeffrey direncanakan tiba kembali di Jakarta pada tahun 2014.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia
Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024