Ambisi Yamaha Bikin Motor Murah Rp4,5 Juta

Yamaha Crux 110
Sumber :
  • motorcylcenews

VIVAnews - Yamaha India memastikan memproduksi sepeda motor murah dengan harga US$500 atau sekitar Rp4,5 juta. Jika berjalan mulus, ini bakal menjadi sepeda motor termurah dari pabrikan asal Jepang tersebut.

Laporan Wall Street Journal dikutip Motorcyclenews, Rabu 27 Juni 2012, pengembangkan motor murah ini tidak melibatkan perusahaan induk, Yamaha Motor Company.

"Penjualan sepeda motor kami di India cukup baik. Jadi saatnya kami melirik segmen pasar yang lebih besar dengan volume tinggi," kata CEO India Yamaha Motor, Hiroyuki Suzuki.

Motor murah ini diharapkan mampu mendongkrak penjualan Yamaha di negeri Hindustan. Diketahui, pasar sepeda motor dan skuter di India mengalami peningkatan cukup pesat. Penjualan motor naik 14 persen pada 2011, menjadi 13,44 juta unit atau 13 kali lebih besar dibandingkan penjualan sepeda motor di Amerika Serikat

Untuk mengembangkan model terbaru ini, Yamaha rela merogok kocek 23 miliar rupee dalam lima tahun ke depan. Mulai dari pembangunan pabrik baru, dan peningkatan produksi untuk memenuhi perkiraan lonjakan permintaan.

Target mereka adalah memproduksi 2,8 juta motor di India per tahun pada 2018, atau naik sekitar 600.000 unit pada saat ini.

Saat ini, motor termurah Yamaha di India adalah Crux 110 yang dibanderol dengan harga 38.365 rupee atau sekitar Rp6,3 juta, dan diekspor ke berbagai negara seperti China.

Sebelumnya, Honda Motorcycles and Scooters India (HMSI) meluncurkan motor sport entry level dengan harga yang terjangkau, Honda Dream Yuga 2013.

Dream Yuga 2013 menjadi motor baru paling murah dari Honda di dunia. Motor sport ini ditawarkan dengan rentang harga 44.642-48.125 rupee atau sekitar Rp7,6-8,2 juta.

Dream Yuga bersaing dengan Hero Splendor NXG yang harganya sekitar Rp7 juta, motor paling laris di India saat ini dan Bajaj Passion Pro. (umi)

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024