5 Momen Terbaik Spanyol di Piala Eropa 2012

Pemain Spanyol Merayakan Kemenangan
Sumber :
  • REUTERS/Juan Medina

VIVAbola – Tim nasional Spanyol mencatatkan sejarah baru dengan menjuarai Piala Eropa 2012. La Furia Roja menjadi tim pertama yang sukses merengkuh predikat terbaik di Benua Biru dua kali secara beruntun, setelah meraihnya pada 2008 lalu.

Perjalanan skuad besutan Vicente del Bosque di Piala Eropa tahun ini terbilang mulus. Sejak babak penyisihan grup hingga final, Iker Casillas dan kawan-kawan tak terkalahkan dengan 5 kemenangan dan sekali hasil imbang.

Kemenangan telak 4-0 atas Republik Irlandia di laga penyisihan Grup C kembali terulang di partai final, Minggu 1 Juli 2012 atau Senin dini hari tadi waktu Indonesia. Kali ini, Tim Matador membuat Italia tidak berdaya membalas empat gol yang disarangkan ke gawang Gianluigi Buffon di Olympic Stadium Kiev, Ukraina.

Berikut 5 momen terbaik Spanyol sepanjang Piala Eropa 2012:

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan

Cesc Fabregas tatoCesc Fabregas

Fabregas cetak gol pertama
Spanyol terhindar dari kekalahan di laga pertama penyisihan Grup C melawan Italia, 10 Juni 2012. Cesc Fabregas menyamakan kedudukan 1-1 di menit 64. Empat menit sebelumnya, Italia unggul lewat gol Antonio Di Natale. Fabregas mempersembahkan gol dan poin pertama untuk La Roja.

Gol pembungkam Kroasia
Spanyol nyaris berbagi poin dengan Kroasia di laga pamungkas penyisihan grup, 18 Juni 2012. Tim Matador akhirnya memecah kebuntuan di menit 88 berkat gol Jesus Navas. Kemenangan 1-0 mengantar Spanyol memuncaki klasemen Grup C dan lolos ke babak perempat final.

Xabi AlonsoXabi Alonso

2 gol Alonso redam Prancis
Mudah saja bagi Spanyol ketika menghadapi Prancis di laga perempat final, 23 Juni 2012. Xabi Alonso membuka keunggulan Tim Matador di menit 19. Gelandang senior Real Madrid ini menggandakan saat injury time lewat titik penalti. Kemenangan 2-0 lantas menggiring La Roja melaju ke semifinal.

Algojo penentu vs Portugal
Pertandingan sengit dilakoni Spanyol saat melawan Portugal di semi final, 27 Juni 2012. Setelah bermain 0-0 sepanjang 120 menit, duel semenanjung Iberia ini berujung adu penalti. Fabregas, sang algojo terakhir, mencetak gol penentu kemenangan 4-2 Spanyol. Dua eksekutor Portugal, Joao Moutinho dan Bruno Alves, gagal mencetak poin. Alonso menjadi satu-satunya algojo Tim Matador yang gagal.

4 gol di laga final
Prediksi sengitnya partai final kali ini terbantahkan. Spanyol tampil trengginas saat melumat Italia dengan empat gol tanpa balas, dini hari tadi. Gol pertama Tim Matador dicetak David Silva lewat tandukan di menit 14. Empat menit sebelum turun minum, Jordi Alba kemudian menggandakan skor dengan sepakan kerasnya.

Di penghujung laga, gol ketiga dan keempat dibukukan dua bintang Chelsea, Fernando Torres (84’) dan Juan Mata (88’). Skor kemenangan Tim Matador ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah laga final Piala Eropa.

LIVE MATCH: Italia vs Spanyol Masih Sama Kuat

Fernando TorresFernando Torres

(ren)

Pemain Uzur Jadi Kartu As Spanyol di Piala Eropa
Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016