Akhir Penantian Motor Bebek Legendaris Yamaha

Motor bebek fuel injection ini akan mulai dipasarkan akhir Juli 2012.

Selasa, 10 Juli 2012, 11:24 Anggi Kusumadewi, Sandy Adam Mahaputra
Peluncuran All New Jupiter Z1
Peluncuran All New Jupiter Z1 (VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra)

VIVAnews – Gencarnya penjualan motor matik di pasar otomotif roda dua tanah air tidak mengendurkan niat Yamaha untuk meluncurkan motor bebek perdananya yang berteknologi fuel injection (FI), All New Jupiter Z1.

“Makin cepat, responsif, irit, desain menawan, serta memiliki harga terjangkau, menjadi kelebihan yang disodorkan Yamaha All New Jupiter Z1,” kata Tsuneji Suzuki, President Director Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dalam peluncuran All New Jupiter Z1 di Sentul, Bogor, Selasa 10 Juli 2012.

Mesin baru All New Jupiter Z1  mengadopsi teknologi motor balap YZ Crankshaft Technology, Low Friction Technology, dan Forged Piston. Teknologi itu membuat performa motor bebek ini meningkat 20 persen. Akselerasi dan torsi pun terdongkrak dengan disematkannya YZ Crankshaft Technology yang sudah digunakan di motor trail Yamaha YZ450F.

Adanya Low Friction Technology mampu memperkecil gesekan sehingga tenaga mesin menjadi lebih optimal. Ada pula Forged Piston yang bisa meminimalisir getaran dan menambah tenaga sehingga motor jadi lebih ringan saat melaju.

Mesin baru didukung teknologi Fuel Injection pun semakin menyempurnakan All New Jupiter Z1 dengan karakter kecepatannya. Konsumsi bahan bakar bahkan dirancang 20 persen lebih irit.

Identitas speed ini bisa dibuktikan lewat akselerasi responsif dalam kondisi apapun (low-middle-high performance). Kecepatan dan performance All New Jupiter Z1 juga disokong dengan desain bodi yang aerodinamis sehingga memudahkan motor bebek ini bermanuver dan menikung meskipun berada di tengah kemacetan.

Motor ini mengandalkan mesin 113,7 cc 4 langkah, 2 valve SOHC, dan pendingin udara silinder tunggal yang dapat melontarkan output 10,06 PS pada 7.750 rpm dan torsi 9,9 Nm pada 6.500 rpm.

Pengendara pun akan lebih nyaman dan terlihat gagah saat menunggangi All New Jupiter Z1. Itu berkat perpindahan gigi sehingga suara mesin lebih halus dan suara knalpot lebih bertenaga.

Ubahan tak hanya berlaku di sektor jantung pacunya. Motor yang memiliki dimensi panjang 1.935 mm, lebar 680 mm, dan 1.065 mm ini juga dilengkapi striping dan warna baru.

Grafisnya kini mengambil tema gold metal dragon heart (naga emas dari emas yang tengah mencakar) sebagai perwujudan naga robot. Yamaha mengambil elemen material metal untuk memperkuat kesan canggih modern.

Grafis unik All New Jupiter Z1 disematkan pada cover side dan leg shield. Desain pada tubuh All New Jupiter Z1 bertambah menarik dengan tulisan Fuel Injection pada leg shield kanan dan kiri.

Untuk menyegarkan tampilan All New Jupiter Z1, hero bike warna putih dibuat berbeda sendiri dengan tiga warna, di mana dasar putih dikombinasikan dengan merah dan hitam. Warna merah ditempatkan pada center backbone. Ini pertama kalinya warna merah ada di bagian itu untuk motor bebek di Indonesia. Merah menggambarkan kecanggihan FI.

Warna putih kombinasi merah dan hitam hanya buat All New Jupiter Z1 CW (Cast Wheel). Varian velg racing juga tersedia dalam empat warna lainnya, yaitu biru kombinasi hitam, hitam dengan hitam, hijau hitam, dan merah hitam. Untuk empat warna itu, di bagian centre backbone disematkan warna hitam.

Fiturnya pun makin kaya dan bergaya dengan pinstripe berwarna merah untuk All New Jupiter Z1 CW merah, hitam, dan putih. Sementara untuk All New Jupiter Z1 CW warna biru dan hijau, pinstripe yang dipilih berwarna putih. Terdapat juga pilihan All New Jupiter Z1 Spoke Wheel (velg jari-jari) warna hitam kombinasi hitam dan warna merah kombinasi hitam.

“Motor ini mulai dipasarkan akhir Juli. Kiasaran harganya Rp14-15 jutaan,” kata Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyonisius Beti. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru