OTOMOTIF

Cara "Ajaib" Bikin Mobil Bersih Tanpa Dicuci

Lapisan cat yang tergores juga bisa pulih dengan sendirinya.
Selasa, 24 Juli 2012
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Ada solusi jitu bagi mereka yang malas mencuci mobil

VIVAnews - Mencuci mobil bisa jadi pekerjaan yang malas dilakukan bagi sebagian orang. Namun, kini ada sebuah solusi jitu yang dapat menghilangkan kewajiban pemilik mobil mencuci kendaraannya.

Dilansir Gizmag, Selasa 24 Juli 2012, para peneliti di Universitas Teknologi Eindhoven Belanda berhasil menemukan lapisan yang mampu memulihkan cat yang tergores dengan menggunakan teknologi nano-capsule.

Tak hanya memiliki kemampuan self-healing, teknologi lapisan ini juga tidak membuat repot pemilik mobil mencuci kendaraannya.

Teknologi ini dapat membuat lapisan atas terlepas akibat tergores, dan lapisan bagian bawah akan membentuk ulang dan menutup goresan untuk memperbaiki permukaan yang rusak.

Lapisan itu juga memungkinkan untuk menciptakan lapisan anti-air yang dapat diaplikasikan di mobil sehingga tetesan air juga akan langsung luruh bersama kotoran.

Dengan begitu, pemilik mobil tidak perlu lagi membawa kendaraannya ke tempat pencucian dengan biaya mahal. Yang dibutuhkan untuk membersihkan mobil hanyalah dengan sesekali saja menyiram kendaran dan mengeringkannya dengan lap.

Bahan pelapis ini akan siap dipasarkan dalam enam hingga delapan tahun ke depan. Teknologi lapisan self-healing bisa juga diterapkan pada layar ponsel, panel surya dan lensa kontak.

Teknologi tersebut membuat bengkel perbaikan cat, salon kendaraan dan perusahaan pencucian mobil siap-siap mengalami penyusutan pendapatan mereka. (sj)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found