Jangan Asal Test Drive

Mau beli mobil baru ataupun second, test drive menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Ini adalah salah satu upaya untuk meyakinkan diri, apakah mobil yang Anda taksir itu benar-benar mobil yang diidamkan? Untuk memeroleh informasi yang maksimal tentang mobil yang Anda incar, maka jangan asal melakukan test drive. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sejak awal hingga akhir uji coba.

Iran Tutup Fasilitas Nuklir, PBB Duga Peristiwa Menyeramkan Ini Bakal Terjadi

Jarak Pandang

Dalam posisi duduk di kursi pengemudi, perhatikan apakah Anda dapat melihat dengan jelas objek di bagian depan kendaraan? Apakah ada bagian kendaraan yang menghalangi pandangan? Atau, apakah anda dapat memantau objek di bagian belakang kendaraan dengan jelas dan mudah melalui kaca spion?

The Titans Pecat Sang Vokalis, Rezcky Purba

Fitur Keselamatan

Periksa apakah kendaraan dilengkapi dengan seat belt dan child safety locks? Periksa juga fungsi pengereman.

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

Penempatan Posisi Kemudi

Apakah Anda merasa nyaman ketika duduk di belakang kemudi? Apakah pengaturan posisi kemudi, kursi dan kaca spion dapat dilakukan dengan mudah?

Akses Keluar/Masuk

Apakah Anda menemukan kemudahan dalam akses untuk keluar/masuk kendaraan dari berbagai posisi?

Ruang Duduk

Apakah kendaraan menawarkan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup luas untuk semua penumpang?

Panel Instrumen dan Kontrol

Sambil mengemudi, apakah posisi jarum bensin dan speedometer mudah untuk dipantau? Cobalah untuk memungsikan penghapus kaca (wiper), lampu-lampu dan fungsi-fungsi lainnya. Apakah semua komponen itu mudah dioperasikan? Selain itu, periksa juga fungsi AC.

Bagasi

Apakah ruang bagasi yang tersedia cukup luas? Lihat juga, apakah ban serep berada dalam posisi yang mudah diakses?

Mesin

Ini yang paling penting. Apakah akselerasi berlangsung dengan lembut? Apakah mesin memiliki cukup tenaga untuk mendahului kendaraan lain? Lakukanlah beberapa kali pengurangan dan penambahan kecepatan untuk mengetahui seberapa responsifnya mesin. Dalam kondisi kendaraan diam dan mesin dihidupkan, apakah putaran mesin terasa halus atau cenderung kasar?

Transmisi

Apakah pedal kopling terasa lembut saat diinjak dan perpindahan gigi mudah dilakukan?

Pengendaraan

Apakah pengendaraan terasa lembut? Apakah kendaraan mudah dikendalikan di segala kondisi jalan?

Parkir

Apakah kendaraan mudah untuk bermanuver saat parkir? Apakah roda kemudi mudah untuk digerakan? Coba lakukan parkir paralel. Apakah ada bagian tertentu dari kendaraan yang menghalangi pandangan Anda?

Pengereman

Kemudikan kendaraan ke jalan yang sepi, lakukan akselerasi sampai kecepatan 40 km/jam. Selanjutny, lakukanlah pengereman mendadak. Apakah kendaraan mampu berhenti dalam posisi lurus? Apakah rem kendaraan mengunci?

Pengemudian/Pengendalian

Saat Anda kendurkan genggaman tangan pada roda kemudi, apakah kendaraan cenderung menarik ke satu sisi? Perhatikan pula, apakah kendaraan stabil saat menikung?

Tingkat Kebisingan

Dalam posisi jendela tertutup rapat, dengarkan dan rasakan tingkat kebisingan di dalam kendaraan. Apakah suara mesin saat akselerasi masuk ke dalam kabin? Pada kecepatan rendah, apakah suara gesekan antara ban dengan permukaan jalan juga masuk ke dalam kabin?

Eksterior

Apakah cat kendaraan tampak mengkilap? Periksa kelurusan pemasangan panel-panel bodi (bumper, pintu, dsb).

Selamat beruji coba!

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya