OTOMOTIF

Bocoran Wujud Mobil Murah Datsun untuk RI

Nissan bakal menghidupkan kembali produk Datsun di Tanah Air.
Kamis, 23 Agustus 2012
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Desain mobil murah Datsun

VIVAnews - Pabrikan mobil asal negeri Sakura, Nissan Motor Company, akan menghidupkan kembali produk Datsun di Tanah Air pada 2014 mendatang.

Datsun bakal menjadi bagian dari program mobil murah dan ramah lingkungan yang diusulkan pemerintah Indonesia.

Meski Datsun hanya memperlihatkan logo untuk kendaraannya pada acara rencana kembalinya Datsun di Indonesia, tapi mobil ini sudah cukup melekat dan dikenal sebagai mobil keluarga dengan harga terjangkau.

Belakangan desain mobil sedan Datsun beredar di dunia maya. Dilansir Indiancarsbikes, sedan itu terlihat simpel sesuai dengan sketsa yang dipamerkan CEO Nissan Carlos Ghosn saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Desain dasarnya diambil dari Lada Granta, produk mobil Rusia di bawah naungan Avtovaz, di mana 25 persen saham Avtovaz dimiliki oleh aliansi global Renault-Nissan.

Rencananya mobil Datsun ini akan ditujukan untuk pasar Rusia, India, dan Indonesia. Untuk pasar negeri Hindustan, Nissan sudah berencana untuk menampilkan model pertamanya di Auto Expo India 2014.

Nissan bahkan telah mempersiapkan dana US$400 juta atau sekitar Rp3,6 triliun untuk investasi tersebut, demi meningkatkan kapasitas produksi dari 100 ribu menjadi 250 ribu unit per tahunnya.

Corporate Vice President Nissan Motor Co, Vincent Cobee mengatakan Datsun memang dipersiapkan untuk negara-negara berkembang yang pertumbuhan ekonominya terus meningkat. "Selain di Indonesia, Datsun secara bersamaan juga akan diperkenalkan di India pada tahun 2014," kata Vincent saat berkunjung ke Jakarta, April lalu.

Total akan ada lima model Datsun yang akan diluncurkan Nissan, yakni tiga jenis hatchback, sedan, dan MPV (Multi Purpose Vehicle).

Sebelumnya, kantor berita Nikkei menyebutkan mobil murah Datsun akan dijual dengan kisaran harga US$6.200 atau sekitar Rp60 juta. (umi)

 

TERKAIT