Meneropong Nasib Mitsubishi dan Suzuki

Suzuki dan Mitsubishi
Sumber :
  • Autonews

VIVAnews - Pertarungan pasar mobil di Amerika Serikat sangat keras. Ini membuat sejumlah pabrikan mobil terus terperosok dengan penjualan yang terus menurun. Mitsubishi dan Suzuki adalah contohnya.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Laman berita Autonews mengungkapkan, kurangnya model baru menjadi salah satu jawaban mengapa mereka terus tergusur.

Mitsubishi dan Suzuki bersikeras mereka berada di Amerika Serikat untuk jangka panjang. Tetapi sedikitnya model-model baru membuat masa depan mereka terlihat redup.

Hal ini berbeda dengan rivalnya, Hyundai, Kia, dan Volkswagen telah melahap pangsa pasar dengan peluncuran kendaraan yang sangat agresif. Merombak formasi hanya dalam beberapa tahun, sehingga membuat mobil Jepang lapis kedua tertinggal.

Subaru dan Mazda saat ini juga menghadapi tantangan yang sama. "Tapi Mitsubishi dan Suzuki situasinya terlihat mengerikan," tulis laporan itu.

Seorang sumber yang mengetahui rencana Mitsubishi mengatakan, perusahaan hanya memiliki dua model baru di Amerika Serikat hingga 2015. Sedangkan sumber Suzuki mengatakan tidak memiliki model baru yang dijadwalkan keluar sebelum 2015.

Kedua perusahaan ini berfokus pada pasar negara berkembang, setelah pangsa pasar penjualan di AS berkurang. Mitsubishi dan Suzuki menguasai pangsa 0,6 persen di AS hingga Juli, turun dari 0,8 persen sepanjang 2011 dan 1,4 persen pada 2007.

Meski keseluruhan pasar naik 14 persen, penjualan Mitsubishi justru anjlok 29 persen menjadi 37.067 hingga Juli. Penjualan Suzuki juga turun 4 persen menjadi 15.260.

Pada 2002, Mitsubishi menjual 345.111 kendaraan di Amerika Serikat, di depan Volkswagen dan Kia, serta Hyundai yang hanya sekitar 30.000 unit. Suzuki terjual lebih dari 100.000 unit pada 2007.

Dalam sebuah e-mail, juru bicara Mitsubishi Roger Yasukawa menulis, "Mitsubishi Motors akan melalui masa transisi untuk memperkuat jajaran produk kami (di Amerika Serikat)."

Juru bicara Suzuki Melissa Fujimoto mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Suzuki Amerika terus bekerja keras untuk bersaing sama seperti banyak perusahaan di masa-masa sangat menantang dan penuh ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Lini Mitsubishi pada 2013 terdiri dari crossover menengah Outlander, crossover kompak Outlander Sport, i Electric Minicar, serta sedan dan hatchback kompak Lancer.

Suzuki menjual sedan Kizashi, SUV Grand Vitara, pikap Khatulistiwa, serta subkompak SX4 dalam konfigurasi sedan, hatchback, dan crossover.

Dengan sedikitnya produk-produk baru sulit melihat bagaimana dua merek ini dapat bersaing. Sumber-sumber mengatakan Mitsubishi tengah membenahi Outlander untuk musim panas, dan menyiapkan Outlander versi plug-in hybrid yang diperkirakan datang lebih awal pada 2014.

Mitsubishi meluncurkan Outlander Sport pada 2011, namun empat produknya, yaitu crossover Endeavor, coupe Eclipse, convertible Eclipse Spyder, dan sedan menengah Galant telah dibunuh pada tahun lalu.

Lancer, yang mulai dijual di Amerika Serikat pada 2007, tidak ada perubahan besar dan kemungkinan, menurut sumber yang mengetahui rencana perusahaan, tidak akan ada perubahan hingga awal 2015. Sebuah keabadian model yang sangat berbeda dengan para pesaingnya, seperti Honda Civic, Hyundai Elantra, Toyota Corolla, dan Ford Focus.

Konsumen Lancer pun memudar. Januari-Juli penjualan merosot 20 persen menjadi 9.859 unit dari periode yang sama tahun lalu.

Mobil kecil global baru Mitsubishi, Mirage, dijadwalkan memulai debutnya di Amerika Serikat pada awal 2013. Tapi, seorang sumber mengatakan, komitmen ini belum pasti.

CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko justru mempertanyakan apakah mobil kecil akan menarik bagi konsumen AS. Ukuran Mirage ini mirip Chevrolet Spark dan lebih pendek satu kaki dari Ford Fiesta. Masuko mengatakan, perusahaan masih mengevaluasi apakah Mirage akan dijual di Amerika atau tidak.

Namun, sumber orang dalam Mitsubishi yang tak mau disebut namanya mengatakan, perusahaan belum menyerah pada Amerika Serikat. Dia mengatakan masih banyak produk yang akan ke luar hingga 2015.

Yasukawa menulis bahwa terlalu dini untuk membahas rencana 2015. Menurut dia perusahaan masih terfokus pada pengembangan kendaraan bagi konsumen AS.

"Yakinlah bahwa rencana jangka panjang produk masa depan kami terdiri dari model-model global baru yang juga cocok untuk pasar AS," tulisnya. "AS merupakan pasar yang sangat penting bagi Mitsubishi Motors dan kami akan terus memantau permintaan pasar AS." (umi)

Pada Suzuki, prospeknya bahkan lebih murung. Memang, dalam waktu dekat Suzuki akan menyegarkan SX4 dan Grand Vitara. Namun, sumber-sumber yang mengetahui rencana perusahaan mengatakan bahwa setelah musim gugur ini perusahaan tidak memiliki produk baru yang diluncurkan sebelum 2015.

Yang menyedihkan, kesulitan pabrikan Jepang bersaing di Amerika Serikat karena nilai tukar yen terhadap dolar AS yang terus menguat, sehingga sulit bersaing dengan merek-merek dari negara lain.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Jasad perempuan berinisial RM (50) ditemukan dalam koper di semak-semak kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024