OTOMOTIF

Senjata Sportage Platinum untuk Lawan Outlander

Kedua mobil ini menjadi pemain baru di segmen SUV medium Tanah Air.
Rabu, 5 September 2012
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
All New Sportage Platinum

VIVAnews - Para pemain baru di segmen medium SUV (sport Utility Vehicle) mencoba untuk merebut pangsa pasar dari kompetitor yang lebih dulu bermain.

Setelah Mitsubishi Outlander, kini giliran KIA dengan All New Sportage Platium yang mencoba peruntungan baru. Pabrikan asal negeri Gingseng ini sadar betul diperlukan modal dan senjata khusus untuk bisa ikut serta dalam pertarungan.

Mereka pun menyodorkan segudang fitur menarik dan mewah di Sportage Platinum--varian tertinggi untuk SUV Sportage di Indonesia.

"Ada banyak perbedaan fitur dengan generasi Sportage sebelumnya. Kami optimis Sportage Platinum akan jadi the best value for money di kelas SUV di Indonesia,"  kata Marketing Direktur PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono saat peluncuran All New Sportage Platinum di Jakarta, Rabu 5 September 2012.
ini

Sportage Platinum yang memiliki dimensi PXLXT (4.440 mm, 1.855 mm, 1.635 mm, masih mengadalkan mesin yang sama dengan Sportage standar, yakni Theta II 2.000 cc DOHC Dual CVVT DLI (distibutorless ignition) dan VIS (variable induction system).

Mesin itu mampu memproduksi tenaga hingga 166 Ps di 6.200 rpm dan torsi 20.1 kgm di 4.600 rpm. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi 6-speed otomatis.

Perbedaan terletak pada fitur baru, yakni panoramic sunroof, sensor parkir dan kamera, serta downhill brake control (DBC) yang terintegrasi dengan hill assist control (HAC).

Untuk urusan perangkat hiburan, Sportage Platinum dilengkapi DVD touch screen, navigasi GPS, 6 buah speaker dan subwoofer dengan headrest monitor ditambah dual airbag. Sedangkan sistem keamanan sudah dilengkapi dengan anti lock braking system (ABS)--sudah tersedia di SUV Sportage standar.

Untuk Indonesia, KIA Sportage Platinum tersedia 4 pilihan warna Bright Silver, Clear White, Mineral Silver, dan Black Cherry.

Mobil lima penumpang ini dibanderol Rp355.000.000. Harga itu untuk All New Sportage Platinum dengan transmisi otomatis dan berlaku untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Beda harganya sekitar Rp50 jutaan dari Sportage versi standar. Dengan harga segitu dan memiliki fitur menarik, kami yakin konsumen tidak akan merasa rugi," kata Hartanto yang optimis memantok target penjualan Sportage Platinum 50 unit per bulan.

Dia menambahkan hingga saat ini KIA belum mau memboyong varian SUV bermesin diesel, meski permintaan pasar cukup besar untuk tipe tersebut. "Kami sebenarnya ingin, karena di Amerika dan Eropa mesin diesel KIA cukup jadi primadona. Tak cuma bertenaga tapi juga irit. Tapi yang jadi masalah saat ini, kualitas solar di Indonesia belum memenuhi standarisasi mesin diesel kami," ujarnya.

Sebagai perbandingan harga Outlander Sport mulai Rp289 juta hingga Rp325 juta. Ada tiga varian mobil ini, yaitu Outlander Sport PX dan Sport GLS yang menggunakan transmisi CVT INVECS III sport mode, serta Sport GLX menggunakan lima percepatan manual. Ingin lihat ulasan dan spesifikasinya klik tautan ini. (sj)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found