Giliran Mobil Teririt Dunia Gebrak Indonesia

Konsumsi BBM mobil ini mencapai 35 km/liter.

Kamis, 13 September 2012, 18:06 WIB Maryadie
Toyota Aqua
Toyota Aqua (REUTERS/Kyodo)

VIVAnews - Meski keberadaan mobil hybrid terbilang masih langka di Indonesia, hal itu tidak menyurutkan Toyota untuk menghadirkan model terbaru dari mobil yang menggabung mesin bensin dan motor listrik di IIMS 2012.

Toyota Astra Motor (TAM) bakal meluncurkan mobil teririt yang mereka miliki, yakni Prius C atau yang dikenal dengan nama Aqua di Jepang.

"Selain New Prius plug-in hybrid, kami juga akan meluncurkan 'adik' Prius, yang kalau di luar dikenal dengan nama Aqua. Tapi di sini akan kita pakai nama Prius C," kata Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati Soedigdo.

Mobil yang diberi nama Aqua--di AS dipasarkan dengan nama Prius C-- ini menggunakan sistem penggerak Toyota Hybrid System (THS) II yang canggih, berukuran kecil dan ringan.

THS II menggunakan mesin bensin 1NZ-FXE dengan kapasitas ruang bakar 1.496 cc dengan tenaga 74 PS pada 4.800 rpm dan torsi 111 Nm. Mesin bensin itu dikawinkan dengan motor listrik yang memiliki tenaga hingga 45 kW (61PS) dan torsi 169 Nm (125. lb-ft). Jadi jika kedua mesin digabungkan bisa memproduksi 100 PS (73kW atau 98HP).

Aqua memiliki panjang 3,9 meter, lebih pendek dibandingkan dengan Prius yang mencapai 4,48 meter. Sedangkan efisiensi bahan bakar yang sangat luar biasa, yaitu 35 km/liter. Jauh lebih irit dari Honda Fit Hybrid, yang hanya 30 km/liter.

Pengujian TMC menunjukkan kombinasi tenaga mesin dan motor listrik bisa menghasilkan akselerasi halus dari diam ke 100 km/jam dalam waktu 10,7 detik. Sementara akselerasi di putaran menengah 40–70 km dicapai dalam 3,6 detik.

"Di IIMS nanti, Prius C sudah dijual tapi statusnya on spot order. Jadi kalau ada yang ingin membeli kita baru pesan ke prinsipal," kata Widya yang belum bersedia membeberkan harga Prius C.

Di Malaysia, mobil hybrid ini sudah meluncur lebih dulu dengan harga 97.000 ringgit Malaysia atau sekitar Rp288 juta.


© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
ETALASE