Litbang Toyota & Daihatsu Akan Pindah ke Indonesia

Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVAnews - Kabar gembira datang dari Daihatsu dan Toyota mengenai dunia riset otomotif di Indonesia. Hari ini Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto mengungkapkan keinginan Toyota dan Daihatsu memindahkan lokasi Penelitian dan Pengembangan (R&D) ke Indonesia. Selama ini lokasi R&D Toyota berada di Jepang.

"Ini adalah yang pertama kali di Indonesia produsen mobil membangun research and developmentnya di Indonesia," kata Prijono dalam acara Astra International yang akan meluncurkan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla di Hotel Rizt Carlton, Jakarta, Rabu 19 September 2012.

Prijono mengatakan lokasi R&D Toyota dan Daihatsu akan dibangun di daerah Karawang. "Januari yang akan datang akan mulai," ujarnya.  Secara bertahap nantinya pusat Rekayasa secara keseluruhan Toyota dan Daihatsu berada di Indonesia.

Menurut Prijono, saat ini komponen lokal untuk Daihatsu Ayla dan Toyota Agya mencapai 84 persen dari keseluruhan komponen. Ini menurut Prijanto adalah angka tertinggi untuk penggunaan komponen lokal dalam kendaraan roda empat di Indonesia.

Saat ini kapasitas produksi mobil Astra mencapai 150 ribu per tahun, dan 50 ribu di antaranya untuk ekspor. Angka tersebut jika ditambahkan dengan kapasitas ekspor Toyota dan Daihatsu bisa mencapai 120 ribu unit. "Potensi ekspor kita sangatlah besar jika nilai tersebut dikalikan US$10 ribu saja," katanya. (sj)

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun
Ilustrasi-mayat mengapung

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Usai menghabisi nyawa wanita yang 'open BO' berinisial R (35), di kostannya, pelaku Nico Yandi Putra membuang jasad korban ke sebuah kali di kawasan Teluk Pucung, Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024