FOTO: Kelahiran Mobil Murah Agya-Ayla

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Meski belum ada kepastian regulasi dari pemerintah soal mobil murah ramah lingkungan (LCGC), Grup Astra sudah lebih dulu meluncurkan dua model mobil murah yakni Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla di Jakarta.

Mereka nampaknya ingin jadi yang pertama ketika peraturan LCGC keluar dalam waktu dekat ini. "Ibarat anak, LCGC merupakan bayi dari Perindustrian, dan sekarang sudah hamil tua. Jadi, tinggal menunggu kelahiran saja," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di acara pengenalan kolaborasi Astra International, Toyota dan Daihatsu, Rabu 19 September 2012.

Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla akan diproduksi di pabrik baru PT Astra Daihatsu Motor di kawasan Industri Suryacipta, Karawang Timur. Pabrik baru ini menurut rencana akan selesai dibangun pada Oktober tahun iini dengan kapasitas produksi mencapai 100.000 unit per tahun saat sudah berjalan penuh.

'Adik' Avanza-Xenia bakal dibanderol mulai dari Rp75-100 jutaan. Soal konsumsi bahan bakarnya, citycar ini diproyeksikan mencapai 22–30 km/liter. Mobil mungil tersebut juga mempunyai tingkat kenyamanan yang baik.

Toyota Agya yang berarti cepat dan Ayla yang artinya cahaya, dirancang oleh desainer asal Indonesia, yakni Mark Widjaja.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024