OTOMOTIF

Intip Ketangguhan Mesin Mobil Murah Daihatsu

Tak hanya desain menarik, Ayla pun memiliki mesin tangguh.
Kamis, 20 September 2012
Oleh : Bayu Galih, Herdi Muhardi
Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

VIVAnews – Mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) besutan kolaborasi Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla, telah diperkenalkan, Rabu 19 September 2012.

Mobil ini memiliki desain yang menarik. Karena sang desainer mobil kembar ini, Mark Yoshua Widjaja, mendesainnya cukup menarik dan tetap tampil sporty. Untuk  mengetahui desain lihat di tautan ini.

Tapi seberapa hebat mesin yang dimiliki Daihatsu Ayla?

Setelah peluncuran, VIVAnews berkesempatan untuk mengetahui seberapa tangguh mesin yang dihasilkan Astra Daihatsu Ayla, di Daihatsu Trainning Center di kawasan Sunter, Jakarta Utara.

Embay Sunaryo, Head Development Project RnD Astra Daihatsu Motor mengatakan, Astra Daihatsu Ayla yang mengusung mesin 3 silinder 1.000 cc 1KR-DE  mampu menghasilkan tenaga hingga 65 Ps pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 8,7 kgm pada 3.600 rpm.

“Mesin ini baru dikembangkan di Indonesia. Jika Ayla menghasilkan tenaga 65 Ps maka Xenia (1.0 liter) hanya 63 Ps. Namun torsi masih kalah besar Ayla 8,7 kgm sedangkan Xenia 9,2 kgm,” jelas Embay.

Keunggulan yang didapat mobil murah Astra Daihatsu ini, menurut Embay, terletak pada mesin 3 silindernya yang menggunakan exhaust manifold hanya satu lubang. ”Biasanya exhaust manifold itu 3 buah lubang, seperti yang diterapkan pada Xenia,” kata Embay.

Tidak hanya itu, kata dia, mesin Astra Daihatsu Ayla lebih ringan 10 kg dibandingkan sang ‘kakak’ Daihatsu Xenia tipe 1.0 liter. “Ini karena Astra Daihatsu Ayla menggunakan alumunium, sedangkan Xenia iron case".

Jika dilihat-lihat, sang desainer Mark, memang sangat detail mendesain Astra Daihatsu Ayla. Karena bodi mobil ini dibuat aerodinamis, sehingga tata letak mesin tidak mengganggu performa mobil.

Astra Daihatsu Ayla yang notabene 84 persen komponen lokal,  menggunakan pelat bodi ukuran 0,7 mm dan 0,6 mm. Berat mobil ini 745 kg (berat kosong) dengan panjang 3.580 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.530 mm. Sedangkan wheelbase 2.730 mm dengan radius putar 4,4 meter.

Mengenai bahan bakar, mobil yang rencananya dibandrol kurang dari Rp100 juta dengan kapasitas 5 penumpang ini sudah memiliki sertifikat Euro 2.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found