Mobil Keluarga Murah Tampilan Mewah

Daihatsu Quartett
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Murah bukan bukan berarti murahan dan tak berkelas. Mungkin itu yang ingin ditunjukkan oleh Daihatsu dengan menampilkan Luxio Quartett di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Varian Luxio dikenal sebagai minivan yang menyasar segmen pasar menengah ke bawah. Kali ini Luxio dipermak menjadi mini van mewah. Ubahan dimulai dari eksterior. Grill dengan aksen black piano yang dipadukan dengan lapisan kroom. Kemudian disematkan pula bumper baru yang membuat mobil tampak lebih rendah.

Bagian lampu depan juga mendapat sentuhan mewah, yang dipadukan dengan Velg racing ukuran ring 19, dan dua knalpot yang teritegrasi dengan bodi. Tak ketinggalan bagian atap mobil diberi warna hitam yang kontras dengan warna putih pada bodi.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Beralih ke kabinnya, Daihatsu Luxio Quartett hanya menampung empat penumpang. Kursi tengah dihilangkan dan menyisakan dua kursi di belakang, untuk mendapatkan ruang kaki yang luas.

Kesan mewah langsung dirasakan dengan adanya jok besar berlapis kulit plus kulkas dan tempat botol di tengah. 

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Belum lagi AC double blower dan layar monitor yang menggantung di atap mobil. Fitur interior dengan climate control dan AC otomatis, serta sistem audio yang tersambung dengan android.

Untuk sektor dapur pacunya mesin tidak ada perubahan, masih mengandalkan mesin tipe 3SZ-VE DOHC VVT-i, berpendingin cair. Mesin berkapasitas 1.495cc, empat silinder segaris. Mesin itu bisa melontarkan tenaga maksimal 97 PS pada 6.000 RPM dengan torsi tertinggi 13,7 kg.m pada 4.400 RPM.

Sayangnya, Quartett ini masih berstatus prototipe yang sengaja dikembangkan tim desain Astra Daihatsu Motor (ADM), untuk mengetes minat pasar.

"Konsep mobil ini memang ditujukan untuk pebisnis atau eksekutif muda yang mencari kendaraan mewah, namum dengan dimensi yang tidak terlalu besar. Kalau Alphard dimensinya terlalu besar, rasanya tidak cocok dengan kondisi jalan di Jakarta," kata Head Project Design Luxio Quartett, Mark Widjaja.

Menurut pria yang juga desainer Astra Daihatsu Ayla ini, Luxio ini bukalah modifikasi, tapi dirancang dari awal untuk menjadi sebuah Luxio baru yang lebih mewah.

"Sentuhan warna hitam di atap sengaja digunakan untuk menambah kesan panjang. Sehingga tidak terlalu terlihat kotak seperti Luxio versi standar," ujar Mark. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya