OTOMOTIF

Parade Adu Kekar Truk di IIMS 2012

Mulai dari model kecil sampai truk angkut besar..

Rabu, 26 September 2012, 12:55 WIB Sandy Adam Mahaputra
SPG Truk di IIMS 2012
SPG Truk di IIMS 2012 (VIVAnews/Herdi Muhardi)

 

VIVAnews --Saling unjuk kekuatan tidak hanya terjadi pada segmen kendaraan penumpang, tapi juga kendaraan komersil di ajang Indonesia Internasional Motor Show 2012.

Konsumen yang datang bakal disajikan parade truk-truk, dari yang model kecil sampai model truk angkut besar. Itu bisa dilihat di luar ruangan, outdoor JIExpo, Kemayoran Jakarta Pusat.

Dimulai dari pabrikan truk asal Jepang UD Trucks. Mereka menghadirkan model-model baru yakni PK215R, CWM330HM, CWA260M dan CWA260HT. 

Model yang cukup menarik adalah CWA260HT. Truk penggerak 6x4 ini memiliki bobot 26.000 kg, tenaga 260 ps dan torsi 710 kW. Truk besar ini telah didesain khusus untuk angkutan objek vital dan sangat cocok sebagai angkutan minyak.

Mesinnya 6.925 cc dengan turbocharged intercooler diesel yang disalurkan melalui transmisi manual sembilan percepatan. Kecepatan maksimal truk ini mencapai 84 km/jam dengan radius putar kendaraan mencapai 6,6 m.

Tak mau kalah, Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) juga menyodorkan Isuzu GIGA FRR dan FTR, sebagai truk medium pertama di Indonesia dengan teknologi Heavy Duty Common Rail yang menggunakan mesin empat silinder. 

Dengan teknologi itu, mesin tetap memiliki tenaga yang mumpuni meskipun hanya empat silinder. Sehingga kendaraan ini lebih efisien. Isuzu GIGA FRR dan FTR ini diklaim sangat cocok untuk angkutan jarak dekat dan menengah dengan memiliki volume angkut yang besar.

Isuzu juga memamerkan varian lain seperti truk ringan Isuzu NMR CNG yang menggunakan bahan bakar gas. Bahan bakar ini dianggap ramah lingkungan dengan emisi gas buangnya yang kecil.

Varian lainya yang mereka tawarkan adalah Elf Microbus LWB, Isuzu Elf NPS, Isuzu GIGA FTR Wing Box, Isuzu GIGA FVM Wing Box, GIGA FVZ Tractor Head dan Isuzu GIGA FVZ OB Dump.

Beralih ke pabrikan truk asal Jerman, MAN. IIMS kali ini, MAN menghadirkan varian terbaru TGS 33.360. Truk yang menggunakan sistem penggerak 6x4 diklaim tangguh dan efisien untuk transportasi jalan raya di Indonesia. 

TGS 33.360 memiliki kekuatan 360 tenaga kuda dengan berat angkut mencapai 80 ton. Mesin memberikan fleksibilitas dalam bergerak dengan standar emisi Euro II yang lebih ramah lingkungan. Sistem transmisi manual type ZF 16S252 dengan 16 kecepatan, dengan cara pengoperasian yang lebih mudah.

 Jok pengemudi dengan sistem suspensi udara dan sudah dilengkapi penyejuk udara atau AC. Truk ini cocok bagi pelaku industri Usaha Transportasi dan Logistik, Cargo, maupun General Costruction seperti Mixer semen.

MAN juga menampilkan varian truk lain seperti, CLA 26.280, CLA 31.280, TGS 40.400.

 


© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
ON THE SPOT
  • Ini Daftar Booth-booth Favorit di Ajang IIMS 2014
  • Pelek Replika Banting Harga di IIMS, Berapa Diskonnya?
  • Daftar Diskon Gede-gedean Mobil MPV di IIMS 2014