Desain Calon Mobil Murah Datsun di Indonesia

Bocoran desain mobil murah Datsun
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Nissan Motor Company akan menghidupkan kembali produk Datsun di beberapa negara berkembang seperti India dan Indonesia. Datsun sendiri nantinya masuk dalam program mobil murah dan ramah lingkungan yang diusulkan pemerintah Indonesia.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

Datsun memang sudah cukup melekat dan dikenal sebagai mobil keluarga dengan harga terjangkau. Belakangan bocoran desain mobil sedan Datsun kembali beredar di dunia maya. Dilansir Motorbeam, Kamis 27 Agustus 2012, sedan itu terlihat simpel sesuai dengan sketsa yang dipamerkan CEO Nissan Carlos Ghosn saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Mobil ini diproduksi menggunakan kode NKD2196 dan mengambil platform dari  Lada Granta, produk mobil Rusia di bawah naungan Avtovaz, di mana 25 persen saham Avtovaz dimiliki oleh aliansi global Renault-Nissan.

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Meski desainnya simple, mobil ini terlihat menawan. Grill depan mengadopsi bentuk trapesium dengan logo Datsun di tengah serta lapisan krom membentuk bingkai. Lampu depan juga dibuat lebih tajam dengan tambahan lampu kabut di bawah bemper. Sayangnya desain menarik itu tidak menjalar ke bagian belakang. 

Rencananya mobil Datsun ini akan ditujukan untuk pasar Rusia, India, dan Indonesia. Untuk pasar negeri Hindustan, Nissan sudah berencana untuk menampilkan model pertamanya di Auto Expo India 2014.

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong

Nissan bahkan telah mempersiapkan dana US$400 juta atau sekitar Rp3,6 triliun untuk investasi tersebut, demi meningkatkan kapasitas produksi dari 100 ribu menjadi 250 ribu unit per tahunnya.

Corporate Vice President Nissan Motor Co, Vincent Cobee mengatakan Datsun memang dipersiapkan untuk negara-negara berkembang yang pertumbuhan ekonominya terus meningkat. "Selain di Indonesia, Datsun secara bersamaan juga akan diperkenalkan di India pada tahun 2014," kata Vincent saat berkunjung ke Jakarta, April lalu.

Total akan ada lima model Datsun yang akan diluncurkan Nissan, yakni tiga jenis hatchback, sedan, dan MPV (Multi Purpose Vehicle). Sebelumnya, kantor berita Nikkei menyebutkan mobil murah Datsun akan dijual dengan kisaran harga US$6.200 atau sekitar Rp60 juta. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya