OTOMOTIF

Alat Canggih Pendeteksi Pengemudi Ugal-ugalan

Mimamori juga bisa mengetahui keadaan kendaraan..

Kamis, 27 September 2012, 17:22 WIB Sandy Adam Mahaputra
 Mimamori Fleet Management System
Mimamori Fleet Management System (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVAnews - Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) memperkenalkan teknologi canggih yang berguna memberikan informasi akurat mengenai keadaan kendaraan sampai perilaku pengemudi. Alat yang berbasis GSM ini diberinama bernama Mimamori Fleet Management System.

Product Marketing Departement Head IAMI, Tonton Eko mengatakan Mimamori Fleet Management System memiliki empat fungsi utama yakni, keamanan berkendara, ekonomis, efisiensi operasional kendaraan dan keamanan mobil dari pencurian.

"Mimamori ini berbeda dengan sistem GPS. Sebab Mimaori terkoneksi dengan ECU (komputer mobil). Mimamori bisa mengetahui keadaan kendaraan, posisinya dimana, bagaimana konsumsi bahan bakarnya, bagaimana cara berkendara pengemudi, lalu berapa lama kendaraan bisa sampai ke tempat tujuan," kata Eko di booth Isuzu JIexpo Kemayoran Jakarta, Kamis 27 September 2012.

Rencananya, Isuzu Indonesia akan mengoperasikan Mimamori pada semester pertama 2013 mendatang dan baru bisa diaplikasikan pada varian Isuzu Giga. Sebab, hanya Giga yang fiturnya sudah lengkap dan memiliki ECU (Electronic Control Unit).

"Saat ini kami masih melakukan uji coba untuk mengetahui apa saja kelemahan yang perlu diperbaiki," kata dia.

Soal harga, pihaknya belum bisa memberikan kepastian lantaran masih bernegosiasi dengan Isuzu Jepang. "Harga belum bisa diberikan, karena masih tawar-tawaran dengan Jepang. Pada tahap awal nanti akan kami luncurkan di area pulau Jawa terlebih dulu, dan khusus untuk perusahaan yang bergerak di jasa logistik dan ekspedisi," ujar General Manager IAMI Edy Jusuf Oekasah.


© VIVA.co.id   |   Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru