Inikah Calon Mobil Murah Mitsubishi?

Peluncuran Mobil Mitsubishi Mirage
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Mobil rendah biaya dan hemat bahan bakar kini tengah menjadi tren di Indonesia. Ini tak lain, karena rencana pemerintah mengeluarkan insentif bagi Low Cost and Green Car (LCGC).

Hingga kini, aturan itu masih misteri. Semua pemangku kepentingan baru bisa menebak-nebak mobil yang akan mendapat perlakukan khusus, bebas Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Tentu saja, insentif ini sangat diburu karena bisa menurunkan harga jual kendaraan hingga 10 persen.

Tak cuma Grup Astra dengan Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla, Mitsubishi juga siap memasuki segmen mobil di bawah Rp100 juta. Tentunya, ini atas persetujuan prinsipal Mitsubishi Jepang.

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

"Kami sudah ada pembicaraan, dan mereka mau investasi," kata Direktur Marketing PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Rizwan Alamsyah, Kamis malam, 28 September.

Dia mengatakan, platform Miragelah yang paling pas untuk produk ini. Mobil yang di Indonesia dipasarkan dengan mesin 1.200 cc dengan harga Rp139-165 juta ini paling mendekati keinginan pemerintah dalam LCGC.

Wajar saja, meski aturan LCGC belum keluar, hampir semua pabrikan bisa menebak bahwa mobil LCGC harus irit dengan konsumsi BBM 22 km per liter, memiliki kandungan lokal hingga 80 persen, dan dipasarkan dengan harga tak lebih dari US$10 ribu atau sekitar Rp95 juta.

Memang, dalam kandungan lokal, Mirage belum bisa memenuhi aturan ini karena produksinya masih dilakukan di Thailand. Tapi jika aturan itu keluar, Mirage akan diproduksi di Indonesia. "Pabrik kami sudah ada, tinggal menambah kapasitas. Itu mudah," katanya.

Bahkan di Jepang, Mitsubishi memiliki mesin Mirage berkapasitas 1.000 cc. Pasti, dengan mesin yang kecil ini konsumsi bahan bakarnya makin efisien, dan tentu saja emisinya juga makin rendah. "Jadi bisa saja mesin itu dibawa. Tunggu kepastian pemerintah saja," katanya.

Citycar Mirage yang sudah beredar di Indonesia dibekali mesin 1.2-liter bertenaga 77 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 100 Nm pada 4.000 Nm, dan diklaim meminum bahan bakar 27 km/liter (di Jepang) dan 21 km/liter (di Thailand).

Mobil mungil berdimensi panjang 3.719 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.490 mm ini memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam.

Mirage akan menghadapi lawan-lawan kuat di kelasnya, seperti Honda Brio, Nissan March, Kia Picanto, Daihatsu Sirion, dan Suzuki Splash. (asp)

Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”
Talkshow yang digelar Kemenkominfo

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) mengadakan kegiatan talkshow chip in “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet” pada tanggal 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024