Toyota Recall 7,4 Juta Mobil, Bagaimana di Indonesia?

Toyota New Yaris
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Pabrikan mobil raksasa Jepang, Toyota Motor Corporation mengumumkan penarikan kembali (recall) besar-besaran sebanyak 7,43 juta mobil yang ada di seluruh dunia.

Penarikan ini terpaksa dilakukan karena kendaraan tersebut mengalami permasalahan pada switch power window. Hal ini berpotensi memercikan api hingga mengeluarkan asap.

Dilansir Reuters, Rabu 10 Oktober 2012 recall tersebut berlaku di bebeberapa negara seperti Amerika Serikat 2,47 juta unit, di China 1,40 juta unit, dan Eropa 1,39 juta unit.

Menurut Shino Yamada, juru bicara Toyota, penarikan juga terjadi di Australia dan Asia sebanyak 650.000 unit, kawasan Timur Tengah 490.000, Kanada 240.000, dan sisanya 330.000 diberbagai tempat lainnya.

Di Jepang, Toyota menarik kembali Toyota Vitz (red: Indonesia Yaris) sekitar 459,300 unit, yang diproduksi antara 2006 dan 2008.

Sedangkan di luar Jepang, Toyota juga me-recall kendaraan lainnya, seperti Yaris, Vios, Corolla, Matrix, Corolla, Camry, RAV4, Highlander, Tundra, Sequoia, xB dan xD yang diproduksi antara 2005 dan 2010.

Menurut perusahaan, recall akan mencakup beberapa model Yaris dan Corolla di mana switch power window dapat diperbaiki dalam waktu sekitar 40 menit. "Proses untuk memperbaiki (saklar power window) bukan merupakan salah satu yang sulit," kata juru bicara Monika Saito.

Pertama kali masalah itu dilaporkan, tambah Saito terjadi pada September 2008 di Amerika Serikat. Tidak ada kecelakaan, cedera atau kematian yang dilaporkan akibat dari masalah tersebut. Hanya saja Toyota mengaku hal ini dilakukan sebagai langkah membangun kepercayaan terhadap konsumen.

Lantas bagaimana dengan Indonesia? GM Corporate Planning and Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati Soedigdo, mengatakan kaget. Menurutnya hingga kini belum mengetahui adanya recall dari Toyota Company.

"Saya baru tahu dari media luar. Sedangkan di Indonesia sendiri belum laporan konsumen mengenai hal tersebut (masalah power window), semoga memang tidak terjadi di Indonesia," kata Widyawati saat dihubungi VIVAnew Rabu malam.

Menurutnya, Toyota memiliki beberapa produksi produknya di Indonesia, seperti Avanza, Rush, Kijang dan Innova. "Semuanya belum mendapat keluhan," ujar Widyawati. (eh)

David Da Silva Hattrick, Persib Bandung Benamkan Persebaya Surabaya
Konser TVXQ di Jakarta

Bikin Kagum, TVXQ Ucapkan Selamat Lebaran Bagi Penggemarnya di Indonesia

TVXQ ucapkan selamat lebaran bagi penggemarnya di Indonesia. Teriakan penggemar terdengar histeris

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024