Mobil Murah Sejagat Tata Nano Serbu AS

Ratan Tata bersama mobil murah Tata Nano
Sumber :
  • Automobile Hotspot

VIVAnews - Pabrikan mobil asal India, Tata Motors, akan memboyong Tata Nano ke pasar Amerika Serikat dalam tiga tahun mendatang. Perusahaan kini tengah mendesain ulang mobil termurah sejagat itu.

Miliarder India yang juga bos Tata Group, Ratan Tata, mengatakan, selain Amerika Serikat, Tata Nano akan menyasar Eropa. "AS adalah pasar yang sangat menarik," kata Tata dalam sebuah wawancara seperti dikutip Autonews di Paramus, New Jersey, akhir pekan lalu.

Dia mengatakan, Nano desain baru akan jauh lebih canggih dari model ultracheap yang telah lama meluncur di India. Model ini menggunakan mesin yang lebih besar, menggunakan power steering, dan dilengkapi sejumlah fitur keselamatan.

Namun, harga kendaraan ini melonjak empat kali lipat dari harga yang dibanderol di India. Rencananya, Tata akan menjual produknya itu di bawah US$10.000 (Rp95 juta).

Kendaraan berbentuk telur empat seater ini dikembangkan untuk India sebagai alternatif pengganti sepeda motor. Memiliki panjang 3 meter, hampir 60 cm lebih pendek dari Mini Cooper. Kendaraan ini menggunakan mesin dua silinder yang hanya mengeluarkan tenaga 37 HP, dengan mesin yang diletakkan di bagian belakang kendaraan. 

Tata, yang juga memiliki Jaguar dan Land Rover, menobatkan Nano sebagai mobil termurah di dunia yang pada 2009 dibanderol hanya US$2.500.

Penuh daya tarik

Ratan mengatakan, mobil dengan harga di bawah US$10.000 memiliki daya tarik tersendiri di Amerika Serikat. Saat ini, menurut Ratan, AS dan Eropa tengah demam mobil kecil yang irit bahan bakar.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

"Smart dan Fiat 500 memiliki harga tinggi, dan orang membeli mereka karena kecil," kata Tata saat pembukaan dealer Jaguar-Land Rover di AS.

Meski demikian, Tata mengatakan, terlalu dini untuk berbicara prospek penjualan Nano di AS. "Kami harus memberikan banyak pemikiran, bagaimana kami bisa mendistribusikan mobil ini," katanya. (art)

Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia

KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menjamin netralitas sebagai penyelenggara dalam memverifikasi partai politik sebagai peserta pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024