Gempuran Mobil Murah Ancam Sepeda Motor?

Para pekerja merakit sepeda motor di suatu pabrik di Cikarang, Jawa Barat.
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Mobil murah kini menjadi buah bibir industri otomotif nasional. Mobil yang kelak memiliki hargai di bawah Rp100 juta ini akan menyasar konsumen pembeli pertama mobil.

Seperti yang terjadi di India dengan Tata Nano. Mobil termurah di dunia ini menjadi jawaban bagi para pengguna motor untuk beralih ke mobil.

Lalu apakah gempuran mobil murah akan menurunkan penjualan sepeda motor?

Menurut Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Gunadi Shinduwinata, meski terbilang murah, harga mobil yang dipatok para agen pemegang merek masih terbilang jauh dari harga sepeda motor.

Hasil Lengkap Liga Europa: Liverpool Menang tapi Menangis, AS Roma Singkirkan AC Milan

"Mobil murah bagaimana pun juga harganya 3 sampai 4 kali lipat dari harga sepeda motor. "Jadi sepeda motor itu tetap masih bisa berkembang," kata Gunadi di Jakarta, Selasa 16 Agustus 2012.

Meski begitu, Gunadi tak menampik adanya penurunan penjualan sepeda motor. "Pasar sepeda motor turun, prediksi kami dari 8,6 juta unit, menjadi maksimum hanya sampai 7,1 juta unit pada tahun ini," kata dia.

Itu terjadi akibat adanya isu kenaikan bahan bakar minyak (awal tahun) dan kenaikan DP pada 15 Juni lalu.

"Kalau gangguan dari uang muka, karena konsumen tidak bisa membeli langsung melainkan harus menabung dulu untuk uang muka, sehingga waktunya lebih panjang," kata Gunadi.

AISI mencatat penjualan sepeda motor mengalami penurunan pada September tahun ini dibandingkan tahun lalu. September 2012 mengalami penurunan 11 persen dan tercatat 628.739 unit motor terjual, sedangkan di bulan yang sama tahun lalu penjualanya mencapai 724.253 unit.

Diketahui, September lalu Astra melalui kedua merek besarnya yaitu Toyota-Daihatsu, telah memperkenalkan si kembar Agya-Ayla yang rencananya akan dilepas dengan harga antara Rp70-100 juta.

Selain itu, Mitsubishi, Suzuki serta Honda juga dikabarkan akan ikut menghadirkan mobil murah, hanya saja masih menunggu keputusan pemerintah terkait regulasi mobil murah.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Kata Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Libas Australia

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 pada pertandingan matchday kedua Grup A Piala Asia U-23. Ini kata Shin Tae-yong.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024