OTOMOTIF

Mobil Murah Suzuki Rp47 Juta untuk Lawan Agya-Ayla?

Konsumsi BBM Alto 800 diklaim mencapai 22,7 liter.
Jum'at, 19 Oktober 2012
Oleh : Sandy Adam Mahaputra
Suzuki Alto 800

VIVAnews - Mobil murah ramah lingkungan ramai atau Low Cost Green Car (LCGC) jadi perbincangan di industri otomotif nasional. Terlebih ketika raksasa otomotif Tanah Air, Astra memperkenalkan dua mobil murah hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu, yakni Agya dan Ayla.

Seakan tak mau kelocongan start, mobil itu lebih dulu lahir meski peraturan pemerintah soal (LCGC) belum juga terbit hingga saat ini.

Selain Toyota dan Daihatsu, ada pabrikan Jepang lainnya yang siap menyodorkan mobil murah seperti Nissan, Mitsubishi, Honda, dan Suzuki.

Namun keempat pabrikan itu masih belum mau membocorkan produk apa yang akan dijadikan mobil murahnya.
 
Untuk Suzuki sendiri, ada beberapa kandidat yang siap dijadikan mobil murah. Di India misalnya, ada beberapa model diantaranya Alto 800, A Star dan Wagon R.

Belum lama Maruti Suzuki di India meluncurkan versi terbaru dari Alto 800 untuk pasar India. Mobil murah Suzuki ini dibanderol 260.512 Rupee atau sekitar Rp47 juta (versi terendah), dan untuk model tertingginya 377.174 rupee (Rp.68,4 juta).

Citycar ini dibekali mesin bensin 796 cc, 3-silinder bertenaga 48 PS dan torsi 69 Nm. Konsumsi bahan bakar pun lebih irit 15 persen dari model sebelumnya, yang mencapai 22,7 km/liter

Alhasil, Alto bakal menjadi mobil kompak paling irit kedua di India, setelah Tata Nano yang mampu meningkatkan efisiensi BBM sebesar 25,3 km/liter.

Lalu apakah Alto 800 bakal hadir di Indonesia? PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia pernah mengungkapkan, ada beberapa calon mobil murah yang akan di ambil dari India. Meski begitu mereka belum mau berbicara lebih detail.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found