Beredar di Jalanan, Harga Esemka Bisa Rp100 Juta

Ribuan Siswa Solo Sambut Kirab Esemka.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Produksi massal mobil Esemka semakin mendekati kenyataan. Sebab, mobil buatan siswa SMK ini telah mengantongi sertifkasi laik jalan dari Kementerian Perhubungan, dan tinggal mengajukan Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT), Kementerian Perindustrian.

"Produksi Esemka masih harus menunggu semua keperluan administrasi selesai. Bila sudah selesai di Kemenhub, dilanjutkan ke Kemenperin. Jika sudah selesai semuanya, baru kami produksi dan jual secara umum," kata Direktur Pengembangan dan Pelayanan Solo Techno Park (STP) Gampang Sarwono.

Perihal harga jual yang akan diberikan pada Esemka, pihaknya belun bisa memberikan kepastian. Pasalnya, STP masih menghitung berapa biaya pembelian komponen lokal, atau pembelian mesin Esemka.

Selain itu STP juga harus menghitung pajak kendaraan. "Harga jual saat ini masih dikira-kira. Tapi kalau ditambah pajak kendaraan, mungkin ada di kisaran Rp100 jutaan," kata dia.
 
Gampang menambahkan, saat ini STP masih fokus pada pengurusan persyaratan untuk bisa sampai ke produksi massal.  (eh)

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024