BeAT Injeksi Anti Banjir, Apa Rahasianya?

All New Honda BeAT Injeksi. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - All New BeAT PGM-FI yang diluncurkan Astra Honda Motor (AHM) pada 11 Oktober lalu, tak hanya irit BBM tapi juga anti banjir.

Sebab, motor matik ini memiliki sistem kelistrikan seperti accu atau aki yang kini posisinya berubah di bagian bawah. Alhasil, tetap aman meski terendam air.

Menurut Sarwono Edhi, dari Technical Training Department AHM, meski posisi aki All New BeAT PGM-FI dapat dibilang rendah, jika terendam air atau pada posisi banjir, kelistrikan motor matik itu tidak akan bermasalah.

"Meski terjadi banjir, seperti genangan air yang melebihi 30 cm, motor ini tidak akan mati atau korslet," kata Edhi, Sabtu 27 Oktober 2012.

Sebab, dia melanjutkan, aki tersebut terlindungi oleh sebuah cover, di mana cover itu dapat berfungsi layaknya sebuah gayung.

"Kalau gayung di balik dan dimasukkan ke dalam air, tentu dalamnya tidak akan basah. Hal itu juga terjadi pada posisi aki. Walaupun sudah terkena air, aki ini tetap akan menyala," ujarnya.

Meski tidak akan mati atau korslet, apakah aliran listrik yang dihasilkan aki All New BeAT PGM-FI berbahaya?

"Ini tidak akan berbahaya, karena daya yang dihasilkan hanya 12 volt. Jadi, misalkan ada ikan saja yang berada di dekat aki yang masih menyala, ikan itu tidak akan mati," katanya.

Selain telah mengusung teknologi fuel injeksi, perubahan signifikan juga terjadi pada bagian desain dan kapasitas bagasi yang cukup luas, yaitu sekitar 11,2 liter.

"Kami sengaja memindahkan aki di bagian bawah untuk memberi keleluasan bagasi," Edhi menambahkan. (art)

First Southeast Asia Porsche Experience Center to Open in Singapore
Bek Manchester United, Harry Maguire

Harry Maguire Setuju Liga Inggris Hapuskan VAR

Harry Maguire telah menambahkan suaranya kepada mereka yang menyerukan agar VAR dihapuskan, meskipun ia tetap menganjurkan penggunaannya dalam menentukan offside.

img_title
VIVA.co.id
17 Mei 2024