OTOMOTIF

Spesifikasi Yamaha V-Ixion Terbaru

V-Ixion membawa imajinasi sambaran kilat membelah langit.
Rabu, 31 Oktober 2012
Oleh : Hadi Suprapto, Sandy Adam Mahaputra
Yamaha Indonesia meluncurkan V-Ixion terbaru di ajang Jakarta Motorcylce Show 2012.

VIVAnews - Yamaha Indonesia meluncurkan V-Ixion terbaru di ajang Jakarta Motorcylce Show (JMCS) 2012. Ride The Lightning menjadi tagline V-Ixion Lightning yang membawa imajinasi sambaran kilat membelah langit.

Motor ini didesain Sakata-san yang mendesain YZF-R1. Karena itu sentuhan fisik V-Ixion Lightning begitu kental seperti motor sport Yamaha berkapasitas 1000 cc, YZF-R1. "Dengan tampilan bari dipermanis grafis dan warna baru, New V-Ixion bakal jadi favorit konsumen terutama para pria yang menyukai motor sport," kata Direktur Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Sutarya di JMCS, Senayan, Jakarta, Rabu 31 Oktober 2012.

Desain dan bodi sporty New V-Ixion memiliki banyak keunggulan. Mulai dari desain depan motor dengan tampilan lebih gagah dan lampu baru dengan sporty visor. Bagian belakang motor juga tampil baru lagi dengan velg dan ban lebih besar ukuran 120/70.

Bagian samping motor lebih artistik dimana lekukan bodinya memiliki sudut-sudut tajam seperti aerodynamic device, terlihat berotot dan solid di bagian depan tapi langsing dan lancip di bagian belakang.

Speedometer V-Ixion Lightning terinspirasi dari YZF-R1. Yamaha memberikan sentuhan emosional dengan menampilkan sapaan "HI bro" saat mesin dinyalakan.

Ini inovasi pertama kali di Indonesia dimana motor dibuat lebih humanis layaknya sahabat. "HI bro" adalah representasi dari hobi komunitas Yamaha V-Ixion Club Indonesia (YVCI) yang diterjemahkan ke dalam produk.

Penampilan baru V-Ixion Lightning juga terlihat pada tangkinya yang didesain seperti YZF-R1. Tutup tangkinya bergaya sporty berotot seperti airplane fuel cap, multi-layer surface, dan terbuat dari plastik ABS.

Lengan ayun V-Ixion Lightning lebih kokoh dan stabil dengan penggunaan swing arm model kotak. Knalpotnya sporty dan premium seperti YZF-R1. Shock breaker belakangnya berwarna sehingga lebih atraktif dan sporty.

Bagian velg terinspirasi dari YZF-R15 dan ada wheel pinstripe untuk menambah aksen sporty. Ada juga cakram belakang yang membuat tampilan V-Ixion Lightning lebih sporty dan meningkatkan performa pengereman.

Key shutter terintegrasi dengan fuel tank seperti desain motor gede Eropa. Sedangkan pegangan bodi belakang adalah desain baru karena menyatu dengan bodi belakang agar lebih simpel dan sporty seperti YZR-M1.

Keunggulan lain V-ixion Lighting adalah frame (rangka) yang menggunakan delta box yang banyak digunakan pada motor berkarakter balap. Selain kokoh juga sangat menunjang saat bermanuver dan stabil.

Paling penting memiliki teknologi Fuel Injection serta forged piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi balap Yamaha. Dibandingkan dengan motor dengan mesin sama sekelasnya, V-ixion Lightning pun lebih unggul jika digunakan untuk balap.

Grafis V-Ixion Lighting sporty minimalis untuk menampilkan lekuk bodi dan kesan premium pada bodi motor. Ada lima warna yang tersedia yaitu putih merah, merah hitam, hitam solid dan champagne gold.

Adapun untuk spesifikasi mesin V-Ixion Lightning tak berubah, tapi ada penyesuaian kemampuan mesin pada kaki-kakinya yang sudah menggunakan velg dan ban lebar. Tipe mesinnya tetap 4-langkah, 4 valve, SOHC, berpendingin cairan dan berkapasitas 150 cc.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 11,1 kW di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 13,1 Nm di 7.500 rpm. (sj)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found