Mobil Hybrid Karya Siswa Muhammadiyah Diluncurkan

Mobil hybrid hasil karya siswa Muhammadiyah
Sumber :
  • Tudji Martudji/VIVAnews

VIVAnews - Bersamaan dengan usianya di 100 tahun yang jatuh 18 November 2012 nanti, Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur meluncurkan hasil kreasi anak didiknya. Smart Education Hybrid Solar Car yang diberi nama "Suryawangsa".

Acara peluncuran mobil mungil yang digelar di halaman SD Muhammadiyah, Pucang, dibuka oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Dalam sambutannya, Din memuji kepiawaian siswa-siswi SMK Muhammadiyah 7 Gondang Legi, Malang, Jawa Timur yang mampu membuat mobil rakitan yang disebut sangat irit itu.

"Saya berharap dan ikut berdoa kreativitas ini menjadi tonggak keberhasilan dan terus diikuti keberhasilan lainnya," kata Din Syamsuddin, Jumat 2 November 2012.

Din berharap mobil berkapasitas empat kursi itu bisa lulus uji emisi dan diproduksi dalam jumlah banyak. Dia juga ingin agar warga Muhammadiyah, khususnya, bisa menggunakan mobil itu untuk keseharian.

Sesaat sebelum diluncurkan, Din membubuhkan tandatangan di kap depan mobil. Mobil itu selanjutnya akan diarak keliling Surabaya.

Sebagai uji coba awal, mobil Suryawangsa akan menempuh perjalanan dari Surabaya menuju Malang, tepatnya di SMK Muhammadiyah Gondang Legi tempat dilakukannya perakitan. (sj)

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024