Ini Spesifikasi Mobil Hybrid Karya Siswa Muhammadiyah

Mobil hybrid hasil karya siswa Muhammadiyah
Sumber :
  • Tudji Martudji/VIVAnews

VIVAnews - Siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondang Legi, Malang, Jawa Timur, berhasil membuat mobil hybrid. Mobil hybrid solar itu diberi nama Suryawangsa tipe Semeru 3,5. Mobil ini dirancang khusus dengan desain kecil.

Memiliki panjang 3.500 mm, lebar 1.700 mm, tinggi 1.600, berat kosong 600 kg, dan wheel base 3.000 mm. Kecepatan maksimum yang bisa ditempuh mobil ini 70 km/jam.

Spesifikasi photo voitaic, jumlah 4 unit, tegangan 48 volt, arus tegangan 3,5 ampere, dengan daya 168 Wa. Mobil ini memiliki baterai berjumlah 8, besar tegangan 48 volt, kapasitas 225 Ah, jenis Seal Leat Acid.

Untuk kontroler, ada satu unit, arus maksimum 400 ampere dengan tegangan input 48 volt. Untuk motor, spesifikasi berjenis DC Series, tegangan 48 volt, daya 3,5 KW, kecepatan 5.000 RPM.

Kelengkapan lainnya, kendaraan kecil itu juga dilengkapi camera view of the real of the car. Fluxmeter, measuring light intensity, dan motor power sebesar 3,5 kw, juga dilengkapi battery power source, real battery, low voltage consumption. Roda belakang, pegas daun dan roda belakang double wishbone.

"Merancang ini memakan waktu 20 bulan dengan biaya mulai dari riset sampai jadi sekitar Rp246 juta," ujar Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Gondang Legi, Pahri. (umi)

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024