DP Naik, Merek Mobil Ini Ramai Peminat

Perkenalan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Kebijakan kenaikan uang muka (DP) yang efektif sejak Juni 2012, ternyata tidak terlalu berdampak signifikan pada penjualan Toyota.

Raksasa otomotif asal Jepang itu masih kokoh menjadi "Raja" mobil di Tanah Air. Toyota membukukan total penjualan sebanyak 35.855 unit sepanjang Oktober 2012 atau tumbuh 6,4 persen dibandingkan dengan pencapaian pada September 2012 yang mencapai 33.705 unit.

"Kami bersyukur dengan pencapaian yang diraih pada Oktober. Pencapaian bulan cukup melegakan bagi Toyota, karena dampak kebijakan penaikan uang muka (DP) yang efektif sejak Juni 2012, tidak terasa begitu signifikan hingga saat ini," kata Presiden Direktur TAM Johnny Darmawan.

Kendati sudah mampu melewati masa psikologisnya, sambung Johnny, Toyota tetap mewaspadai efek berantai yang dapat ditimbulkan oleh kebijakan tersebut terhadap pertumbuhan pasar mobil nasional. 

Sepanjang Oktober 2012, pertumbuhan penjualan diraih berkat pencapaian positif oleh hampir semua segmen kendaraan Toyota. Segmen yang membukukan pertumbuhan yakni compact car, MPV, SUV, serta kendaraan komersial.

Pada bulan lalu, segmen kendaraan kompak yang dimotori oleh Toyota Yaris membukukan penjualan 2.196 unit. Segmen ini mengalami pertumbuhan hampir 2 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebanyak 2.158 unit.

Sepanjang bulan lalu, di segmen multi purpose vehicle (MPV) Toyota membukukan pertumbuhan 10 persen, dari total penjualan 21.307 unit pada September menjadi 23.442 unit pada Oktober.

Di segmen Sport Utility Vehicle (SUV), Toyota mencatatkan pertumbuhan 2,3 persen dengan total penjualan 4.741 unit. Pertumbuhan di kelas ini salah satunya berkat penjualan Toyota Rush yang mencatatkan pertumbuhan 8,4 persen dengan total 3.007 unit.

Secara total, penjualan Toyota di segmen kendaraan penumpang sepanjang Oktober 2012 sebanyak 32.037 unit atau tumbuh 5,6 persen, dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 30.335 unit.

Sepanjang bulan lalu, pencapaian menggembirakan ditorehkan segmen kendaraan komersial yang dimotori oleh commercial van, Toyota HiAce, dan kendaraan komersial 2 ton, Toyota Dyna.

Toyota HiAce yang baru diperkenalkan kepada publik secara umum pada Indonesia International Motor Show 2012, membukukan hasil positif dengan total penjualan 144 unit pada bulan lalu.

Sementara itu, di segmen kendaraan niaga 2 ton, Toyota Dyna membukukan total penjualan 2.665 unit, atau tumbuh hingga 17,7 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 2.265 unit.

Penjualan Toyota Dyna pada Oktober lalu tercatat sebagai rekor tertinggi sepanjang tahun ini. Sepanjang Januari hingga Oktober 2012, Dyna sudah membukukan total penjualan 17.170 unit.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI
Festival balon udara digelar di Pekalongan dan Wonosobo Jawa Tengah

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

AirNav telah mengeluarkan Notif atau NOTAM kepada pilot untuk waspadai munculnya balon udara yang diterbangkan secara liar di ketinggian 8.000 hingga 9.000 kaki.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024