Konsumsi BBM Ayla Tembus 27,1 Km per Liter

Daihatsu Ayla Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Setelah PT Astra Daihatsu Motor memperkenalan Astra Daihatsu Ayla, pada pertengahan September lalu, kini giliran awak media berkempatan menjajal mobil murah tersebut melalui permainan 'Astra Daihatsu Ayla Eco-Driving Challenge'.

Bertempat di Bridgestone Paving Ground, Karawang, Jawa Barat, 30 jurnalis nasional dan 30 jurnalis regional pun berkesempatan menguji seberapa irit bahan bakar minyak (BBM) yang dibuang mobil dengan komponen lokal yang mencapai 84 persen itu.

Menurut Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra, acara yang dikemas dalam permainan itu juga merupakan salah satu program Daithasu untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat luas bagaimana cara dan gaya berkendara agar mencapai tingkat efisiensi optimum penggunaan bahan bakar.

"Kali ini bukan adu cepat, tapi rekan-rekan jurnalis dapat menilai dan melihat langsung seberapa efisien penggunaan BBM pada Astra Daihatsu Ayla yang tentu saja, audio, AC dan lampu tetap dalam keadaan menyala," ujar Amelia sebelum memulai acara Astra Daihatsu Ayla Eco-Driving Challenge, Selasa, 6 November 2012.

Daihatsu Ayla memiliki  fitur Eco-Driving yang berguna untuk mengetahui gaya berkendara agar hemat BBM. Selain itu, terdapat pula Multi Information Display (MID) yang memberikan informasi jarak rata-rata, dan juga dapat mengetahui seberapa efisien penggunaan BBM.

Sebelumnya dua orang Jepang, Kiyotaka Yagi dan Shingo Kubo Product Division Planning Department Daihatsu Motor Co., LTD, Jepang menjajal mobil ini di lintasan Bridgestone Paving Ground, Karawang, selama dua putaran dengan jarak 1,9 km dalam kurun waktu 6 menit.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Hasilnya, Yagi dengan transmisi otomatis mampu meraih 21,8 km per liter dan Kubo yang menggunakan transmisi manual mampu mencapai 27,9 km per liter.

Dalam permainan tersebut, akhirnya wartawan media cetak, Muhammad Toha yang menggunakan transmisi manual, berhasil meraih juara dengan waktu 6 menit 4 detik dengan rata-rata konsumsi BBM sebesar 27,1 km per liter.

Sedangkan untuk juara pertama versi matik diraih jurnalis asal Riau M Fathra Nazrul dengan menghabiskan BBM sebesar 21,6 km per liter dengan waktu 6.09 menit.

Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024