Klaim Mobil Irit BBM, Hyundai dan Kia Digugat di AS

Auto China 2012
Sumber :
  • REUTERS/ Jason Lee

VIVAnews – Semakin langkanya bahan bakar minyak serta semakin mahal membuat para produsen mobil kerap menciptakan mobil irit konsumsi bahan bakar. Tapi, klaim irit tanpa bukti nyata bisa berurusan ke pengadilan, seperti yang dialami perusahaan mobil Hyundai dan Kia.

Dilansir CarAdvice, Rabu, 7 November 2012, dua pabrikan mobil ternamaan asal Korea Selatan itu digugat ke pengadilan Amerika Serikat gara-gara efisiensi konsumsi bahan bakar yang tidak sesuai ketentuan.

Hal tersebut telah diketahui setelah Environmental Protection Agency (EPA) memeriksa 900.000 unit mobil Hyundai dan Kia, model 2011 -2013 yang dijual di Amerika. Hasilnya, EPA menemukan konsumsi bahan bakar yang diklaim sebesar 40 mpg (17 kpl), ternyata lebih boros hingga 1-2 mpg.

Kepala Penelitian dan Pengembangan Teknologi Hyundai/Kia, Dr WC Yang menyesali kesalahan perusahaannya dan meminta maaf kepada semua pelanggan yang terkena dampak Hyundai dan Kia. Menurut Hyundai dan Kia, hal tersebut terjadi karena ketidaksengajaan saat proses pengujian.

"Menindaklanjuti hasil audit EPA, kami telah mengambil tindakan segera untuk membuat perubahan yang diperlukan penilaian dan proses koreksi," kata Yang.

Presiden dan CEO Hyundai Motor America dan John Krafcik mengatakan hal yang sama dengan Yang, "Mengingat pentingnya efisiensi bahan bakar bagi kita semua, kami sangat menyesal tentang kesalahan ini."

Audit EPA sendiri dilakukan berdasakan keluhan sejumlah konsumen terhadap Hyundai Elantra model 2012, setelah itu EPA terdorong untuk melakukan penyidikan terhadap sejumlah mobil-mobil Hyundai dan Kia. (umi)

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?
Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024