Perluas Pabrik Karawang, Toyota Investasi Rp7 Triliun Lagi

Pabrik Toyota
Sumber :
  • REUTERS/Chaiwat Subprasom

VIVAnews - Toyota Motor Corp dan afiliasinya berencana menanamkan investasi sekitar Rp7 triliun di Indonesia selama lima tahun ke depan. Investasi besar-besaran ini di luar rencana investasi tahun ini sebesar Rp6 triliun.

Dalam keterangan yang diumumkan di Tokyo akhir pekan, pabrikan mobil asal Jepang ini akan memperluas Pabrik No.1 di Karawang, Jawa Barat, menjadi 130 ribu kendaraan per tahun pada September 2013. "Ini untuk memenuhi permintaan di kawasan Asia Tenggara," kata juru bicara Toyota Joichi Tachikawa seperti dilansir Reuters.

Pabrik No.1 di Karawang memproduksi Kijang Innova dan Fortuner.

Tachikawa mengatakan, Toyota yang memiliki hampir 40 persen pangsa pasar mobil di Indonesia juga akan membeli tanah di dekat daerah itu untuk membangun pabrik mesin.

Selain perluasan pabrik, investasi juga melibatkan lima perusahaan afiliasi Grup Toyota, yaitu Aisin Seiki, Daihatsu Motor, Denso, Toyota Auto Body, dan Toyota Tsusho.

Awal tahun ini, Toyota telah menginvestasikan Rp5 triliun untuk membangun pabrik No.2 di Karawang. Selain itu, pada September Denso juga berinvestasi sekitar Rp1 triliun untuk membangun pabrik baru di Indonesia.

Pasar mobil di Indonesia tumbuh dengan mantap di tengah lesunya perekonomian global. Tahun lalu penjualan mobil melonjak 17 persen ke rekor 894.180. (eh)

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi
Atalanta vs Liverpool

5 Fakta Menarik Atalanta Usai Pulangkan Liverpool di Liga Europa

Liverpool meraih kemenangan atas Atalanta dengan skor 1-0 dalam babak Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Gewiss pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024