Review All New Nissan X-Trail

Apa saja kelebihan dan kekurangan SUV Jepang ini.

Senin, 12 November 2012, 12:11 Sandy Adam Mahaputra
All New Nissan X-Trail
All New Nissan X-Trail (Carscoop)

VIVAnews - Nissan ingin membuktikan jika varian SUV miliknya, All New X-Trail bukanlah sekedar pelengkap di kelasnya. Dengan tampilan desain menawan serta fitur canggih yang dimilikinya, mobil ini cukup berhasil menyita perhatian pecinta SUV Tanah Air.

VIVAnews mendapatkan kesempatan untuk menjajal langsung tipe tertinggi All New X-Trail (X-Tremer). Namun, sebelum membuktikan ketangguhannya, ada baiknya untuk mengulas terlebih dari desain interior dan eksterornya.

Miliki bodi yang bongsor sebagai penjelajah perkotaan bukan berarti melupakan gaya. Ya, All New X-Trail memiliki tampilan yang menarik mulai dari lampu utama dengan Bi-Xenon guna pecahayaan optimal saat mengemudi di malam hari, desain grille, bumper dan lampu stop tipe komibinasi.

Aura agresif terlihat dari garis tegas pada bagian samping bodi lurus memanjang hingga ujung tail lamp (lampu stop). Bibir luar spakbor yang gembung dipadukan dengan velg 17 inci sehingga memberikan kesan tangguh.

Beralih masuk ke dalam kabin. Bangku pengemudi dan depan menawarkan mekanisme full electric--semua proses pengaturan posisi duduk dapat disetel hanya dengan menekan tombol di sisi sampi bangku.

Menyimpan barang berharga dan sejenisnya sangat mudah dilakukan dan tersusun rapi. Sebab pada ruang cockpit banyak ruang penyimpanan, mulai dari dashboard tengah di atas dan bawah, head unit, glove box besar, serta cup holder yang tersedia di masing-masing sudut dashboard.

Untuk bagian audio dengan dilengkapi head unit baru 2DIN, DVD dengan layar sentuh (touch screen) serta aplikasi TV tuner. Dengan kelengkapan audio tersebut, para pengguna X-Trail dapat dengan mudah mendengarkan musik dari iPod dan MP3 player melalui USB interface dan bluetooth. Untuk keamanan dalam berkendara, aplikasi bluetooth dapat juga digunakan sebagai handsfree.

Kenyamanannya semakin bertambah dengan fitur kursi elektrik serta intelligent key yang memudahkan para penggunanya membuka dan mengunci pintu, serta membuka bagasi mobil, hanya dengan satu sentuhan pada handle pintu.

Performa

Ketika menginjak pedal gas, akselerasi yang didapat tergolong cepat. Limpahan tenaga di putaran bawah dan atas mampu memanjakan pengendara untuk melakukan sprint.

Mesin 2.500 cc yang dilengkapi transmisi CVT (Continous Variable Transmission) dengan M-Mode ini memungkinkan perpindahan tingkat percepatan yang dikendalikan drive komputer, sehingga tidak terdapat jead ataupun gejala knocking.

Saat butuh engine brake atau tarksi ekstra, Anda cukup menggeser tuas ke kanan bawah dan percepatan dapat diatur layaknya transmisi manual. Mesin tersebut memiliki tenaga maksimal 125 hp pada 6.000 RPM dan torsi puncak 226 Nm di 4.400 RPM.

Untuk stabilitas dan kenyaman All New Nissan X-Trail didukung sistem suspensi independen multi link sehingga dapat memberikan daya redam optimal serta lembut.

Secara keseluruhan mobil ini cukup nyaman untuk digunakan sebagai sarana transportasi di perkotaan, dan mumpuni untuk digunakan di lintasan medan berat sekalipun.

kelebihan lain yang dimiliki mobil seharga Rp392,5 juta ini adalah sistem transmisinya, yang menawarkan kelebihan berupa perpindahan tingkat percepatan secara halus.

Sayangnya dari segi konsumsi bahan bakar, mobil yang memiliki dimensi panjang 4.630 mm, lebar 1.785 mm, dan tinggi 1.770 mm itu terbilang boros. Dari hasil tes yang dilakukan kami dengan rute kombinasi,  yakni 8 km/liter.

Untuk Anda yang lebih memilih mempertahankan daya angkut penumpang, SUV ini rasanya kurang tepat sebab hanya dapat dimasuki lima penumpang. Tapi lebihannya terdapat pada ruang kargo yang amat luas.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id