Deretan Mobil Diesel Terfavorit saat Banjir

Chevrolet TrailBlazer di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Saat musim penghujan warga Jakarta bersiap untuk menghadapi banjir. Pemilihan menggunakan mobil yang mampu menerjang genangan air pun menjadi kebutuhan utama.

Dalam kondisi ini, sudah pasti diperlukan mobil yang memiliki ground clearance cukup tinggi dari permukaan jalan. Kriteria itu hadir di varian mobil SUV (Sport Utility Vehicle) dan pickup double cabin.

Tak cuma itu, ada baiknya Anda juga memilih mobil bermesin diesel. Pasalnya, di ruang mesin diesel tidak ada komponen elektrikal seperti distributor atau kabel busi. Sehingga tidak perlu takut berkendara di bawah siraman hujan lebat atau melintas di kondisi jalan yang banjir.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Untuk tipe SUV ada Toyota Fortuner Diesel VNT. Bodinya yang besar serta memiliki tingkat ground clearance cukup tinggi dari permukaan jalan, yakni 1,850 m, membuat pengendara tidak cemas mobilnya mogok saat menerobos banjir.

Salah satu keunggulan lainnya adalah mobil ini memiliki ruangan interior sangat luas dan mampu menampung hingga 8 penumpang.

Grand New Fortuner VNT mengusung mesin baru 2 KD-FTV VN turbo, yang menggantikan 2KD-FTV. Dengan mesin baru, mobil ini memiliki power dan torsi yang lebih besar, sehingga respons dan akselerasi lebih baik.

Mesin itu mampu menghasilkan tenaga hingga 144 ps pada 3.400 rpm dengan torsi 35,0 kgm pada 1.600-2.800 rpm. Mobil ini dijual di kisaran Rp387 juta hingga Rp421 juta.

Ada juga Mitsubishi Pajero Sport. Mengusung konsep 'All Round Family SUV', mobil ini tampil dengan desain stylish, fitur keamanan yang tinggi, ruang kabin yang luas dengan 7 kursi penumpang.

Memiliki tinggi 1.840 m, Pajero Sport dinilai sangat cocok digunakan sebagai kendaraan keluarga dengan berbagai aktivitasnya, mulai dari off road, jalan banjir, maupun di jalan normal.

Mobil berbodi bongsor ini dibekali mesin 2.5-liter Intercooled Turbocharged DI-D Common Rail (4D56) dengan Variable Geometry Turbo yang mampu menghasilkan tenaga 178 PS pada 4000 RPM. Mobil ini dilepas di kisaran Rp378-468 juta.

Pilihan lain untuk SUV diesel datang dari pabrikan asal Amerika, General Motors, yaitu Chevrolet Captiva dan All New Trailblazer. Keduanya handal untuk melewati banjir.

Sedangkan untuk kelas pickup double cabin, pilihannya jatuh pada All New Ford Ranger. Mobil ini mampu menahan banjir hingga ketinggian 80 sentimeter. Itu berkat fitur pada mesin, yakni pipa udara powertrain, dudukan tinggi komponen elektronik, serta filter saluran udara.

Keunggulan lain yang dimilikinya adalah irit bahan bakar. All New Ranger yang dibekali mesin diesel 2.2 liter dihargai mulai dari Rp264 juta sampai Rp353,5 juta.

Hwang Sun-hong,

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat dini hari

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024