Tahun Depan Harga Mobil Bakal Naik, Apa Sebabnya?

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Harga mobil di Indonesia diperkirakan akan naik di tahun depan. Sebabnya adalah kenaikan harga beberapa material bahan dasar mobil, ditambah lagi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang terus melemah.

Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM), Joko Trisanyoto, mengatakan bahwa selain bahan dasar dan kurs itu, faktor lain yang mendorong harga mobil naik adalah kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang kini menjadi Rp2,2 juta.

Menurut dia, TAM akan mengikuti peraturan yang diterbitkan pemerintah terkait kenaikan harga material yang akan digunakan sebagai bahan dasar produksi mobil.

"Toyota selalu mengikuti peraturan yang dikeluarkan pemerintah. Salah satunya soal kenaikan harga material sebagai bahan dasar produksi mobil. Ya, kemungkinan harga mobil akan naik," kata dia, Sabtu 1 Desember 2012.

Soal enaikan UMP, katanya, tidak akan berdampak dalam waktu singkat.  "Mungkin dampaknya membutuhkan waktu yang cukup lama," ujarnya.

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Penjualan Toyota sendiri sepanjang 10 bulan 2012 melebihi pertumbuhan nasional. Dalam kurun Januari—Oktober 2012, total market nasional sudah mencapai 923.132 unit atau tumbuh 23,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 746.184 unit. Adapun Avanza masih menjadi penumbang terbesar dari total penjualan pabrikan asal Jepang itu.

Film Keluar Main 1994

Merayakan Hari Film Nasional 2024, Arif Brata Ajak Penonton ke Bioskop Menyaksikan Keluar Main 1994

Dua hari yang lalu, tepatnya 30 Maret 2024 diperingati sebagai Hari Film Nasional, sebuah kesempatan untuk merayakan dan mengapresiasi keberagaman film Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024