Taipan Singapura Bangun Sirkuit F1 Baru di Malaysia

Sirkuit Sepang
Sumber :

VIVAnews - Taipan asal Singapura, Peter Lim berencana membangun sebuah sirkuit baru berstandar FIA di kawasan Iskandar, Johor, Malaysia.

Lim optimistis sirkuit baru di Johor itu akan mengantongi sertifikat FIA Grade 2. "Kawasan ini tumbuh cepat sebagai daerah kegiatan balap," kata Lim yang juga memegang saham McLaren Automotive, seperti dikutip Bloomberg Rabu 5 Desember 2012.

Sirkuit permanen itu akan memiliki panjang 4,5 kilometer dan menjadi bagian dari kawasan bertema balap bernama Motorsport City.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Proyek senilai US$1,2 miliar ini akan ditangani perusahaan FASTrack dan UEM Land Holding Bhd dengan komposisi saham 70:30 persen.

Di pilihnya Johor sebagai tempat sirkuit baru bertaraf internasional ini, lantaran posisinya berdekatan dengan perbatasan Malaysia dan Singapura. Bahkan, untuk mencapai sikuit itu dari Tuas Second Link hanya dibutuhkan perjalanan darat sekitar 5 menit.

Meski begitu, orang terkaya di Singapura itu belum menyebutkan arsitek dan desainer sirkuit tersebut.

Diketahui, Malaysia telah memiliki sirkuit permanen di Sepang yang telah menggelar kejuaraan F1 sebanyak 14 kali sejak 1999. Sedangkan Singapura juga telah melangsungkan balapan malam F1 dan masih memegang hak hingga lima tahun ke depan. (umi)

Lamine Yamal saat Barcelona melawan Paris Saint-Germain

Barcelona dan PSG Boikot TV Spanyol, Langsung Minta Maaf

Barcelona dan Paris Saint-Germain berhadapan dalam leg pertama babak perempat final Liga Champions di Parc des Princes, Kamis dini hari WIB 11 April 2024. Ada kontroversi

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024