Kelebihan dan Kekurangan All New Honda CR-V

SUV ini punya fitur unggulan yang tidak dimiliki mobil sekelasnya.

Kamis, 13 Desember 2012, 13:22 Sandy Adam Mahaputra
All New Honda CR-V
All New Honda CR-V (VIVAnews/Herdi Muhardi)

VIVAnews - Keputusan Honda merombak CR-V terbilang tepat dan memuaskan. Kini All New CR-V terlihat lebih tampan dan elegan ketimbang pendahulunya.

Meski desain buritan bakal mengundang perdebatan karena lengkungan tak lazimnya, desainer Honda berhasil mempertahankan ciri khas mobil ini.

VIVAnews mendapatkan kesempatan untuk mencicipi All New CR-V 2.4 transmisi otomatis. Namun sebelum merasakan performa mobil SUV ini, ada baiknya untuk melihat dulu desian ekterior dan interiornya.

Kesan sporty All New CR-V sudah terlihat pada eksetrior. Chrome Front Grill dan bumper depan tampil dengan desain baru yang lebih ramping, elegan tanpa meninggalkan sisi aerodinamis pada kendaraan.

Lampu depan mobil ini menggunakan modern Projector Headlight. Hasilnya, penerangan dua kali lebih terang daripada lampu halogen dengan konsumsi listrik yang lebih rendah. Bisa dibuktikan pada saat berkendara malam, dimana jarak sorot dan lebar cahaya yang dihasilkan menjadi lebih maksimal.
 
All New Honda CR-V juga dilengkapi Fog Lamp (lampu kabut). Ini membantu penglihatan pengendara pada saat cuaca sedang berkabut. Tersemat juga Power Retractable Door Mirror dengan LED Turning Signal. Ada juga handle pintu lapis kroom serta velg alloy berukuran 18 inci.

Pada bagian buritan, terdapat lampu belakang dengan desain yang premium dan dilengkapi dengan reflector. Selain itu, untuk menjaga kabin di dalam tetap sejuk, All New CR-V menggunakan Heat Rejecting Green Tinted Glass yang dapat menangkal sinar matahari.

Beralih ke bagian interior. Audionya sekarang terintegrasi dengan sistem MID--serupa dengan Civic baru. Hasilnya interior jadi terlihat lebih mewah dan keren. Sayang ada beberapa trim plastik di pintu yang mestinya bisa diganti dengan material lebih baik.

Cukup tekan tombol untuk menyalakan mesin 2.354 cc karena telah memakai smart keyless entry. Akomodasi penumpang yang diberikan juga luar biasa lega. Ruang kaki dan kepala cukup berlimpah, ketiga penumpang belakang juga diberi sabuk pengaman 3 titik. Ini membuat keamanan dan kenyamanan terjamin di perjalanan jauh.

Honda juga membenahi sisi kepraktisan CR-V. Hanya dengan satu tarikan mudah pada tuas di bagasi, seketika jok tengah bisa melipat rata secara otomatis. Ruang bagasi yang sudah sangat luas pun bertambah besar lagi dalam sekejap.

Performa

Mesin 2.4 L DOHC i-VTEC yang dibenamkan di mobil mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 190 PS pada putaran mesin 7.000 RPM. Mesin dipadukan dengan transmisi otomatis lima percepatan dan perpindahan gigi yang lebih halus.

Juga tersedia Paddle Shift pada kemudi memberikan sensasi balap dengan memudahkan pengemudi untuk mengatur perpindahan transmisi hanya dengan menggunakan ujung jari.

Honda juga menghadirkan kontrol kestabilan serta hill start assist. Anda tak perlu kuatir mobil bergerak mundur saat sedang macet di tanjakan. Karena begitu Anda melepas rem, mobil akan tetap ditahan lajunya sampai Anda menginjak gas.

Bantingan CR-V baru juga membaik dari sebelumnya. Setir lebih enteng serta posisi mengemudi ergonomis dengan jok elektrik, membuat mobil ini enak dan nyaman dipakai untuk medan seberat apapun.

Laju 0-100 km/jam bisa tuntaskan dalam 10,6 detik. Adapun konsumen BBM terbilang cukup irit dikelasnya yakni 1 liter untuk 9.8 kilometer--rute kombinasi.

Itu berkat fitur ECON Mode, sebuah teknologi pintar untuk mengubah sistem pengendaraan yang memaksimalkan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen --tergantung dari kondisi jalan maupun cara berkendara.

Kekurangan

Satu-satunya keluhan adalah visibilitas dari kaca belakang yang sempit, apalagi mobil ini juga belum dilengkapi sensor atau kamera parkir. Fitur ini hanya tersedia di tipe paling atas 2.4 Prestige seharga Rp29 juta lebih mahal.

Harga Rp404 juta yang ditawarkan Honda dinilai sepadan dengan yang diberikannya. CR-V kini semakin tampil elegan dan nyaman dikendarai maupun ditumpangi.

All New Honda CR-V



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
esponcito
11/01/2013
Terserah apa pendapat orang2, semua kembali ke selera, kalo mao mobil yang sempurna buat sendiri aja...
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id