Main Basah-basahan dengan Honda CB150R

Apa saja keunggulan motor sport 150cc ini?

Kamis, 13 Desember 2012, 17:17 Sandy Adam Mahaputra
Honda CB150R StreetFire
Honda CB150R StreetFire (VIVAnews/Sandy Mahaputra)

VIVAnews - Setelah CB150R resmi diluncurkan, Honda Astra Motor (AHM) langsung memberikan kesempatan kepada media untuk menjajal kemampuan motor sport 150cc di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Sesi test ride sedikit lebih menarik lantaran sirkut Sentul tengah diguyur hujan saat itu. Meski begitu, pantia baru memulai sampai intensitas hujan mulai mereda.

Di tengah rintikan hujan pengujian dimulai. VIVAnews mendapatkan kesempatan di kelompok pertama untuk merasakan performa CB150R memutari Sirkuit Sentul sebanyak dua kali.

Posisi duduk nyaman. Ya, itu yang dirasakan saat menunggang CB150R. Dengan postur tinggi badan 178 cm, posisi duduk di atas jok yang memiliki ketinggian 790 mm dari permukaan tanah, cukup enak dan tidak pegal.

Sebab, badan tidak terlalu tegak dan juga tidak terlalu menunduk. Posisi setang juga cukup pas, tak terlalu tinggi dan pendek. Footstep dibuat agak mundur ke belakang dan tuas transmisi dibuat model congkel.

Sebelum membetot gas, kita lihat dulu desain panel meter yang berlatar putih. Panel indikator jadi satu dengan speedometer, odometer, trip meter, clock, dan fuel meter.

Kunci masih berada di bawah setang namun sudah dengan model bermagnet (Magnetic Key Shutter). Putar kunci, panel indikator dan lampu utama langsung menyala. Begitu tombol starter ditekan, suara mesin menderu namun membulat.

Begitu bendera start terangkat, tuas gas langsung dibetot. Tenaga cukup besar langsung terasa di putaran bawah rpm 4.000. Tenaga pun terus terisi mulai dari putaran mesin terendah hingga menengah.

Saat berada di trak lurus, gas kembali dipelintir untuk mendapatkan top speed. Hasilnya, jarum spedometer mencapai 110 km/jam di posisi gigi lima.

Hebatnya, nafas gas masih panjang dan masih tersisa banyak tenaga. Sayang lintasan basah dan rintikkan hujan membuat nyali cukup terbatas. Honda sendiri mengkalim motor itu memiliki kecepatan maksimal 122 km/jam, dengan akselerasi 0-200 meter ditebus dalam waktu 10,6 detik.

Memiliki tubuh yang ramping serta didukung rangka frame twin tube diamond, membuat handling jadi mantab dan enak dikendarai.

Ditambah lagi dukungan suspensi depan model teleskopik dan suspensi belakang ProLink, yang membuat berkendara semakin nyaman meski jalan bergelombang.

Untuk sistem rem, motor ini menggunakan model cakram depan belakang. Tentu membuat pengendara tidak kesulitan mengurang kecepatan.

Harga Rp22,35 juta (OTR Jakarta) yang ditawarkan Honda dinilai sepadan dengan yang diberikannya. CB150R StreetFire dinilai cocok jadi motor sport untuk aktivitas sehari-hari.

Tidak tertutup kemungkinan CB150R bakal menggangu pangsa pasar Yamaha V-Ixion sebagai motor sport paling laris saat ini.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
cowo_ninja
15/12/2012
kita lihat saja teknologi mana yg paling maju HONDA or YAMAHA SEE YOU
Balas   • Laporkan
ghifaricyber
15/12/2012
PLAGIAT NYONTEK MODEL VXION SEPARUH SCORPIO Z
Balas   • Laporkan
cowo_ninja | 15/12/2012 | Laporkan
bukan nyontek bro itulah persaingan pangsa pasar..konsumen cerdas bukan melihat kemiripan bentuk dan body nya tapi teknologi nya....
viva.iwan
14/12/2012
ga kreatif nyama2in vixion ane aje.. RND ga kreatif
Balas   • Laporkan
cowo_ninja | 15/12/2012 | Laporkan
bukan nyontek bro itulah persaingan pangsa pasar..konsumen cerdas bukan melihat kemiripan bentuk dan body nya tapi teknologi nya....
aguzt0
14/12/2012
top speed cuma 122 km/h ya.. masih kurang kenceng rasanya..
Balas   • Laporkan
supartoaja
13/12/2012
wah keren bgt, bener2 mirip yamaha vixion yg lama ga ngebuang dsedikit pun cuman beda di sasis.. coba klo sasis nya delta box di jiplak juga bisa bingung bgt orang ada vixion keluaran honda wkwkwkwk...
Balas   • Laporkan
cowo_ninja | 15/12/2012 | Laporkan
bukan nyontek bro itulah persaingan pangsa pasar..konsumen cerdas bukan melihat kemiripan bentuk dan body nya tapi teknologi nya....


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru